takut? itu karena kita belum tahu apa yang kita takutkan itu

Marilah kita mulai tulisan ini dengan tertawa lepas. Tapi perlahan, dari senyum, gigi kelihatan, sampai ngakak. 1, 2, 3.. Hmm, mehehehe, huahahahahaha.. Ehm… Ya, aku sudah cukup puas.

Seringkali kita dihinggapi rasa takut terhadap sesuatu. Sesuatu itu bisa binatang (aku takut spider), hantu, atau keadaan. Ya, yang terakhir itu keadaan.

Dan aku tahu bahwa kawan-kawan semuanya telah berpengalaman dalam bidang takut. Pasti dari kecil sudah sering takut, kan? Mustahil tidak. Nah, pernahkah kita berpikir kenapa kita takut? Ada yang menjawab : soalnya laba-laba kakinya banyak sih. serem aja. Anyway, bukan itu yang aku maksud. Aku ingin jawaban general, yang umum.

Coba kamu baca ilustrasi di bawah ini. Sebut saja oknum ini Bujang. Bujang adalah seorang mahasiswa yang baru saja selesai UTS. Pasti dia menunggu-nunggu hasilnya. Dia takut dan cemas menunggu nilai -sebut saja oknum pelajaran ini – Listrik Magnet. Tapi anehnya dia tidak takut ataupun cemas menunggu nilai Kalkulus. Karena dia tahu kemampuannya dan kemalasannya dalam kalkulus, dia sudah bisa memprediksi bahwa nilainya pasti sisir (pengalaman pribadi, red.. hehehe). Dan seperti yang sudah kubilang di atas tadi, Bujang tidak takut.

Dari ilustrasi di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa rasa takut itu muncul dari ketidaktahuan kita akan konsekuensi dari melakukan, mendekati, atau bertemu sesuatu. Kasarnya, pengetahuan kita belum sampai pada sesuatu yang kita takutkan itu.. (hmm, aku juga puyeng. Tenang saja. hehe). Contohnya aku yang takut pada laba-laba. Aku takut laba-laba karena aku belum tahu bagaimana rasanya bersentuhan langsung dengan laba-laba, bagaimana rasanya laba-laba berjalan melambai-lambai di badanku. Aku takut karena pengetahuanku tentang rasa itu belum ada. (huff..)

Contoh selanjutnya. Kamu takut lah, ya, sama Alien <itu pun kalau Alien benar-benar ada. Who Knows?> (bukan Alien (=Alin) yang artis itu, tapi alien serem yang lebih misterius dari yang di War of the World). Kita semua takut didatangi Alien karena kita belum tahu bagaimana rupa Alien itu, bagaimana peradaban Alien itu, dan bagaimana Alien itu berkomunikasi. Bah..

Jadi, dari tulisan-tulisan di atas, dapat kita peroleh kesimpulan seperti yang di judul artikel ini. Gracias!

2 pemikiran pada “takut? itu karena kita belum tahu apa yang kita takutkan itu

  1. Masuk akal!!
    sesuatu yang kita tidak tau, atau tidak kita pahami seringkali buat kita takut karena manusia perlu sesuatu yang bisa diliat, dirasa (oleh panca indra) biar buat mereka nyaman. Jadi menurutku jika kita bisa mengatur pikiran kita, kita gak akan pernah takut akan segala sesuatu🙂
    Tulisan mu Bagus!!

Tinggalkan Balasan

