Taiko

ffei5119big.jpgIni adalah novel – walaupun menurutku ini bisa juga diklasifikasikan ke roman – tertebal yang pernah kubaca. Tebal persisnya aku tidak begitu ingat. Kalau tidak salah sekitar 1300 halaman.

Novel epik karangan Eiji Yoshikawa ini menceritakan kisah hidup Hiyoshi. Seorang bocah kurus berwajah monyet yang hidup pada zaman sewaktu keshogunan tidak begitu dihormati lagi. Hiyoshi kelak akan menjadi pemimpin tertinggi di Jepang dengan gelar Taiko. Dia jugalah pemimpin jepang pertama yang melakukan ekspansi kekuasaan ke negeri China. Meskipun kemudian gagal.

Hiyoshi : Bocah kurus berwajah monyet yang berusaha membuat burung bernyanyi

Bingung dengan kata-kata di atas? Sebaiknya anda membaca langsung bukunya.

Nah, ayo kita berbicara tentang Hiyoshi lagi. Hiyoshi adalah seorang sosok yang mengagumkan. Dia adalah seorang yang mampu merubah kawan jadi lawan, bahkan mampu membuat juragannya menjadi bawahannya.

Intinya, dia adalah tipe orang yang lebih memilih cara berdiplomasi untuk menaklukkan seseorang alih-alih dengan menggunakan kekerasan. Kefasihan lidahnya inilah yang kelak membuatnya diangkat menjadi kaki tangan Nobunaga Oda dan kemudian menjadi pemimpin tertinggi di Jepang. O, ya. Pemuda berwajah monyet ini juga mampu menikahi gadis tercantik di daerahnya.
Nobunaga Oda, Ieyasu Tokugawa, dan Hideyoshi Toyotomi

Walaupun secara umum menceritakan kisah hidup Hiyoshi (yang setelah jungkir balik akhirnya berganti nama menjadi Hideyoshi Toyotomi), buku ini juga menceritakan kisah-kisah dua orang pemimpin besar jepang yang lain, Nobunaga Oda dan Ieyasu Tokugawa.

Mereka bertiga adalah tokoh besar jepang yang memiliki watak dan cara berpikir yang sangat berbeda. Oda adalah orang yang berapi-api dan cenderung tergesa-gesa. Tokugawa adalah orang yang sabar menunggu sampai waktunya tiba. Sedangkan Hideyoshi adalah orang yang memilih untuk menjemput bola dan memanfaatkan bakat berdiplomasinya.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang mereka? Baca bukunya.😀

Buku Yang Menambah Wawasan Tentang Jepang

Aku sendiri baru tahu setelah membaca buku ini bahwa upacara minum teh dibuat dan dipopulerkan oleh shogun jepang bernama Yoshiteru Ashikage. Dan ternyata bukan minum teh itu inti dari upaca minum teh (mau tahu lebih banyak? baca bukunya).:mrgreen:

Dan aku juga baru tahu bahwa seppuku adalah istilah lain dari harakiri.

Kelebihan dan Kekurangan

Anda akan kecewa jika mengharapkan akan membaca sebuah buku yang full action. Buku ini pun lebih banyak bernarasi daripada berdialog. Jadi bagi anda yang cepat bosan, tidak disarankan untuk membaca buku ini.😆

Detail-detailnya diceritakan dengan sangat bagus. Perawakan tokoh-tokohnya juga digambarkan dengan apik, baik dengan deskripsi langsung maupun dari cara mereka berbicara dan bersikap.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ke toko buku dan beli. Hmm.. Anda juga bisa memesannya di sini.

13 pemikiran pada “Taiko

  1. @PriyayiSae
    Filmnya kayaknya belum ada tu, Om..
    gw minjem dari kok..
    *ditimpuk sandal
    tapi gw saranin mending jangan baca versi PDFnya (kalo ada lho..)..
    daerah sekeliling mata bisa hitam, lho..😆
    thx dah mampir, bro..

  2. Buku bagus. Aku bacanya dulu ngabisin ampir seminggu baru khatam.
    Banyak pelajaran idup yang bisa diambil dari era Nobunaga dan Hideyoshi. Kalo Ieyasu seingatku kurang dibahas benar di situ, selain pada saat-saat ia mulai berkuasa.

    Abis baca Taiko disambung dengan Musashi, wuihhh… respek sama Eiji Yoshikawa pasti deh timbul. Kalo aku malah ngiri: kapan bisa bikin cerita sebagus itu dengan bersandar pada sejarah🙄

  3. hideyoshinya toyotomi ataoe hashiba…???

    toyotomi ja…???😕 setelah batja baik-baik ternjata memang toyotomi

    ndak terlaloe soeka orang rakoes….

    beidewei, kalo boeroengnja ndak maoe bernjanji…penggal sadja kepalanja…😉

  4. @alex
    hihi..
    emang lama banget mbacanya..😆
    iya, Ieyasu yang diceritakan paling cuma masa kecilnya..
    Ieyasu kan sebenarnya tawanan..
    kalo musashi temenku belum ada yang punya😆:mrgreen:

    Kalo aku malah ngiri: kapan bisa bikin cerita sebagus itu dengan bersandar pada sejarah🙄

    berarti tentang zaman sriwijawa dan majapahit, dong??😆

    @celotehsaya
    toyotomi, lah..
    hashiba kan cuma figuran..😀
    wah, nobunaga banget itu..
    hehe…😆

  5. Jadi, tunggu apa lagi? Segera ke toko buku dan beli.

    Setiap kali ke toko buku selalu ingin mengambil buku ini, tapi mengingat harganya….. masih di tunda.😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s