Bersih-bersih Kamar

Berbekal semangat yang menggebu-gebu dan keinginan untuk melaksanakan resolusi satu per satu, malam minggu kemarin gw -dengan dibantu sepenuhnya oleh onta dan ndra- membersihkan kamar. *yeah!*

Berikut skrinsyut kamar gw yang tersisa (setelah semua data di komputer gw hilang karena insiden kesalahan penginstalan mandriva 2008),

komputer
Gambar 1. Komputer tercinta. Di kejauhan terlihat menumpuk baju-baju kotor.

Dua kata yang gw rasa paling pantas untuk menggambarkan kamar gw adalah : kapal pecah. Cukup pantas untuk menyebut kamar gw sebagai kapal pecah mengingat keadaannya yang hancur berantakan. Sobekan dan remukan kertas tersebar di mana-mana secara tidak merata. Buku dan baju dan barang-barang gak penting lainnya dan kolor bertebaran di tempat yang tidak diduga-duga. Keadaan tersebut diperparah dengan tidak dimanfaatkannya kemoceng, yang bertengger dengan lemas minta dipakai, selama berbulan-bulan.

Prosesi bersih-bersih kamar malam itu diawali dengan melakukan bujuk rayu terhadap Onta dan Ndra agar mau membantu bersih-bersih kamar. Sepertinya mereka memang pantas disebut sebagai sahabat karena pukul 12 malam tepat masih mau membantu gw membersihkan kapal pecah itu. Sahabat kan selalu bersedia membantu kita anywhere dan anytime. *ketawa iblis* Tapi sepertinya gw memang salah milih waktu, deh.:mrgreen:

Pada awalnya gw berpikir untuk sekalian merubah letak furniture di kamar gw (baca : lemari baju dan kasur busa). Namun atas saran Onta (yang mengatakan bahwa desain kamar gw udah bagus, cuma sedikit berantakan saja.. ) akhirnya agenda malam itu hanya bersih-bersih kamar saja.

Secara umum ritual bersih-bersih kamar gw malam itu sama saja dengan ritual-ritual yang dilakukan oleh orang kabanyakan. Palingan yang beda, seperti yang udah gw bilang tadi, cuma waktu pelaksanaanya. Jarang banget orang bersih-bersih kamar jam 12 malam.

Ritual bersih-bersih kamar selesai sekitar jam 1 pagi. Tak lupa setelah kamar dibersihkan, kami joged-joged dangdut sebentar (diiringi lagu-lagu di MP3 player). Tak tahu juga apakah ritual terakhir ini lazim dilakukan setelah kamar selesai dibersihkan. Dan tak lupa pula kami foto-foto setelah bersih-bersih kamar.

Kesimpulan posting kali ini adalah pertama gw telah berhasil melaksanakan resolusi 2008 gw yang berbunyi,

Bersihin dan menjaga kamar kos agar tetap bersih. Sepertinya kapal pecah itu perlu dipimp Hmm… Sebenarnya sih bersihinnya tuh gampang. Yang susahnya itu menjaga agar tetap bersih.

Gw berhasil bersihin kamar dan menjaga agar tetap bersih (setidak-tidaknya 2 hari ini tetep bersih..:mrgreen: ). Kedua, bersih-bersih kamar itu adalah ritual yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa yang ngekos. Oleh karena itu diperlukan sebuah tips membersihkan kamar agar pelaksanaan ritual ini lebih efektif dan efisien *apaan seh??*. Tipsnya dijabarkan sebagai berikut,

Tips Membersihkan Kamar

1. Pilihlah waktu yang tepat. Disarankan untuk melakukan bersih-bersih kamar pada waktu siang hari

2. Sediakan peralatan dan bahan yang diperlukan seperti : sapu, kemoceng, tong sampah, dan kardus (karton mie) dan MP3 player. Fungsi sapu jelas untuk menyapu. Kemoceng berguna untuk mengelap debu. Tong sampah dimanfaatkan untuk menampung sampah. Manfaatkanlah kardus untuk menyimpan kertas-kertas, barang-barang kecil, dan barang-barang tak penting dan tak berguna. MP3 player untuk jodeg2.

3. Partisi kamar anda menjadi beberapa bagian agar lebih mudah untuk dibersihkan. Bersihkan satu per satu bagian itu agar fokus dan kadar bersih yang dihasilkan bisa mencapai persentasi maksimum *apaan seh?*

4. Singkirkan barang-barang tidak penting bin tak berguna yang ada di kamar anda. Misalnya : baterai kosong, headset rusak, sisir, sandal yang sudah lepas sol telapaknya, dan lain-lain. Percayalah dengan kata-kata saya itu. Anda akan berterima kasih kepada saya suatu saat. *halah!*

5. Manfaatkan dengan semaksimal mungkin ruang kosong di lemari dan sudut kamar anda.

6. Siapkan kamera untuk dokumentasi

*Sekian*

55 pemikiran pada “Bersih-bersih Kamar

  1. Sebaiknya tiap pagi disapu dan dikemoceng bozz
    kalo yg partisi kamar, apa g sukar??
    lha kamar udah semfit ko mau dipartisi lagi -> asumsi kamar kos biasanya sempit, nah kcuali kalo diatas 80 GB itu sepertinya enak kalo mau melakukan partisi…
    eh beda ya??😆

  2. @caplang
    inget waktu masih ngekos pasti?

    @goop
    pengennya sih kek gitu. tapi apa daya, males…:mrgreen:
    ehehehe…
    temporary partition.. dipartisi untuk memudahkan bersih-bersih aja..
    misalnya kamar dipartisi jadi 4 bagian : bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan, serambi kiri *halah*..
    pertama-tama yang dibersihkan bilik kanan. kalo udah bersih kemudian bilik kiri.. kek gitu, paman…
    manfaat lain mempartisi kamar itu adalah agar kita gak pusing mau mulai bersih dari mana..
    *halah!*
    *ngaco*:mrgreen:

  3. yup, mp3 player memang sarat mutlak.
    tapi sepertinya kalo saya memang harus siang2 kalo mo bersih2
    soalna nggak semangat kalo nggak muter musik kencang2 kalo gi bersih2 kamar.

  4. whee… cooba liat berapa lama bakalan bertahan bersihnya
    *paling2 pas gua ngisi komen ini, kamar lu udah berantakan…??* :d

  5. bukan kamar yang harus dibersihkan

    mukamu tuh yang harus dibereskan…..😀

    hati dan otak kau itu harus dicuci ampe bersih….

    hihihihihihihihi
    peace BF (black fuji)

  6. aku juga sering beres2 kamar tengah malam sebelum tidur:mrgreen:
    alasan pertama sekurang2nya bisa tetap bersih sampai bangun tidur besoknya, dan bangunny jg lebih fresh ajah..
    daripada siang, ntar juga berantakan lagi..😆

  7. welgedewelbeh
    Pa kabar bro …. emang tubuh harus bergerak. Jiwa harus sering-2 dientas dari kampung-kampung maya dan melongok dunia nyata. Bersih2 kamar memang sebuah kesegaran murah yang bisa jadi awal sebuah semangat baru. Keep in touch aja deh.

  8. @hoek SUGARING
    muehuehuehuek..

    @deet
    gak tau tuh, deet. tiba-tiba aja pengen beres-beres kamar..:mrgreen:

    @bedh
    bener..

    @rozenesia
    ehehe.. emang parahnya kamar kopged gimana?:mrgreen:
    *jadi ngegosip

    @praditya
    hahaha.. iya, tuh, iya.. ngedefrag yang susah..

    @ojat
    hehehe… ya iya lah. lu nempel tipsnya disamping poto miyabi..:mrgreen:
    *kabur

    @ajiputra
    smpai gw bales komen ini, masih rapi..
    *tertawa penuh kemenangan

    @sezsy
    iya, tante. udah bersih.. silakan aja sidak..
    *”tapi mau sidak ke mana?”:mrgreen:

    @DARMA EKA
    eh, gak asik nih. Ad hominem..
    *nguber pakai LADIANG!

    @Lisan
    maunya sih begidu, tante..
    tapi apa daya, rajin tak sampai..:mrgreen:

    @tukap kopi
    *membekap mulut tukangkopi
    jangan bilang-bilang, ah..😈

    @titov
    ini lagi ikutan
    *menembakkan AK-47 ke titov
    *DORDORDOR!

    @dy
    aku juga suka bersihin kamar malem-malem. sekali setahun…🙂

    @brainstorm
    ane masih mahasiswa, nih. ntar kalo ane udah jadi Big Boss, tinggal suruh pembantu aje… hehehe..

    @joyo
    hmmm…. separuh kosong.. separuh isinya bertebaran di lantai..:mrgreen:

    @fauzansigma
    salam kenal juga..
    hmm.. daripada gitu, mending kamar gw diganti jadi linux aje.. lebih aman dari virus…:mrgreen:
    *ngaco..
    *bersalaman*

    @mulut
    baik, ut. kata-kata anda benar…. *gaya sonny tulung*
    keep in touch juga ye..

    @mutia
    ke mana aja, mbak?🙂
    welkom bek ya..

    @ina
    *nguber pake mandau

    @niez
    ntar tak coba praktekin lah..
    trims tipsnya..:mrgreen:

    @takochan
    itu lama kaleeeeeee….:mrgreen:

  9. kamar boleh beres… blogg bisa nyampah dunks🙄

    Jarang banget orang bersih-bersih kamar jam 12 malam.

    saiyah kalo bersih-bersih kamar sebelum mengakhiri hari aka tidur… dan itu bisa jam 4 pagi, jam 5 pagi, jam 2 siang, jam 11 malam…🙄

  10. mas moris, kamar kayak kapal pecah itu justru simbol semangat *halah* khas anak muda. ada yang bilang kamar berantakan tuh malah bisa jadi sumber inspirasi, terutama untuk ngeblog. mau bukti? ndak usah jauh2, hehehehehe😆 mas moris sendiri berkat kamar itu malah bisa bikin tips cara membersihkan kamar. Halah.

  11. Pastinya kalo nemuin kamar model ‘kapal pecah’…. bawaanya emosi bow!!! koq yah betah bener penghuni kamarnya..😀 Tapi kata temen gw..walau berantakan bak kapal pecah.. ibaratnya ‘kamarku…syurgaku…’ ***masa seeehh…**
    Tapi dengan tekat demi kerapihan kamar dikau rela berberes-beres di jam 12 tengah malam… cukup niat yang bagus untuk tercapainya kamar yang bersih, rapih dan segar tentunya…. Tapi..segitu juga kudu tiap hari dunks bebenahnya… biar kinclong senantiasa kamarmu Ji…..

  12. @ qzink… wah kebalikan saiyah… kalo buku saiyah seringnya beli pake uang sendiri… jadi saiyah rawat baek-baek… kalo barang yang dibeliin orang mah… udah pasti terjun bebas disetiap penjuru kamar🙄

  13. @yunita
    makasih dah mampir..:mrgreen:
    selamat menikmati..🙂

    @joyo
    *ngakak!*
    masih lama, paman.. 10 tahun lagi lah..🙂

    @nurussadad
    ini lagi ikut2an..
    *ngambil bumerang

    @tony
    ah, sukurlah. ada yang lebih parah dari saya..🙂

    @gimbal
    *memanggil belalang tempur
    AYO GEMPUR GIMBAL!!

    @celo
    *hening*
    …😯

    @sawali
    bapak bisa aja. simbol semangat anak muda? itu alesan aja tuh pak 🙂 sebenernya emang males ngeberesin…
    bener juga tuh. bisa nambah2 posting..:mrgreen:

    @nanink
    trims dah mampir, mbak..🙂
    mohon bantuannya *halah!*

    @lei
    kalo sekarang….

    @qzink
    *timpuk pake teflon
    sama, zink. gw kalo gak diberesin isinya juga buku semua.. tepatnya buku dan kertas-kertas burem gak jelas…🙂

    @aprikot😈

    @joyo
    ini kok malah transaksi di blog saya..? komisinya manaa…🙂

    @celotehterus
    double standard… *kabur dari rumah*

    @DeKing
    sebenernya kamar saya bisa dikatakan minimalis, paman..
    tapi… tetep aja hancur..🙂

    @qzink😆

    @ferry
    untunglah….:mrgreen:

    @celotehterus
    ini udah dateng
    *bawa kampak yang diumpetin di belakang*
    ujian, bro…🙂

    @almas
    iya, pilih waktunya malem minggu karena emang gak ada yang mau diapelin…
    PUASSS????
    *menyemprotkan gas air mata ke almas

    @arif😈
    *menembakkan revolver ke arif*

    @ricki
    argghhh…
    *menyiapkan senjata pemusnah massal tercanggih*

    @nin
    ehehehe..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s