Besok, 12 Mei 2008

Dengar-dengar besok mau ada demonstrasi mahasiswa besar-besaran, ya? Menurut desas-desus ratusan ribu mahasiswa akan berunjuk rasa di depan Istana Negara, atau di tempat lain. Aku tak tahu. Kan aku cuma dengar berita burung.

Demonstrasi untuk apa? Tujuannya apa? Merasakan kembali romantisme perjuangan pahlawan reformasi ’98? Mengenang mereka sebagai orang-orang yang gugur demi mengeluarkan bangsa dari tirani yang mengungkung? Itukah?

Ataukah sekedar protes massal mengenai rencana kenaikan harga BBM? Sebenarnya memperjuangkan apa? Memperjuangkan siapa? Rakyat?

Tidakkah sebenarnya kau hanya memperjuangkan kepentingan diri sendiri? Agar motormu, setelah kenaikan harga BBM, tidak hanya akan berdiri timpang di tepi dinding garasi rumah kos?

“Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan.”

-Gie, Catatan Seorang Demonstran.

Iklan

14 comments

  1. reviandi · Mei 11, 2008

    Makasih boz, identik maksudnya apa?

  2. Bagindo · Mei 11, 2008

    @reviandi
    kurang lebih sama…
    coba aja lihat blognya Oka Mahendra itu..
    :mrgreen:

  3. marwanazis · Mei 11, 2008

    Sekarang gerakan demonstransi terutama dari kampus makin banyak kabur, tak jarang mengatas namakan rakyat tapi ternyata ada elit politik yang bermain dibelakangannya, istilah rental ternyata tak hanya dekat dengan tukang ojek tetapi juga dunia gerakan mahasiswa (baca rental politik), meskipun nggak semua.

  4. alex® · Mei 11, 2008

    Menjelang pemilu 2009, gerakan demonstrasi memang semakin kabur. Itu sebabnya saya sendiri kurang setuju dgn aksi-aksi demonstrasi saat ini… Begitu samar dan begitu berpeluang utk dicurigai…

    Tapi, biar sajalah yang turun ke jalan tetap turun. Setidaknya menjadi penyeimbang agar tak ada satu pihak saja yang bersuara lantang betapa pentingnya BBM naik 😀

  5. realylife · Mei 11, 2008

    inginnya gerakan ini memang untuk rakyat , dan kita lebih baik melakukan aksi nyata
    bener ngga ?

  6. Mr. Brain · Mei 12, 2008

    demonstration without solution.. slalu begitu

    yah asal jangan terjadi lagi pengerusakan fasilitas umum, karna slama ini terlihat yang dicari hanya sekedar ga”gaya”an tawuran sama polisi

  7. clouseth · Mei 12, 2008

    Demonstrasi untuk apa? Kalo gw sih buat nyari foto2 keren. hehehe

  8. hanggadamai · Mei 12, 2008

    klo yg lainnya sibuk demo di istana
    diriku aksi lewat blog aja deh 😛

  9. maxbreaker · Mei 12, 2008

    ada yang demo memang niatnya ikhlas untuk rakyat, tapi ada juga yang tidak…
    kenaikan BBM itu imbasnya juga ke harga kebutuhan pokok lho…

  10. natazya · Mei 12, 2008

    hmmmm

    *dengan masih menyandang status mahasiswa

    besok.. mao keliling perpus kampus orang
    cari referensi skripsi
    cari cara supaya seseorang ga misah misuh…

    hmm…

    *maap… bukan mahasiswi yang tergabung dalam aksi 12 mei

  11. theloebizz · Mei 12, 2008

    waaaaah ini dia nih aksi yg selalu n wajib dilakukan di almamaterku duluuu..
    secara punya pengalaman buruk di tanggal ituh…

    untungnya mereka ga anarkis.. 😉

  12. lisa · Mei 13, 2008

    iya bener emg ada demo, gw liat!!
    macet gila! sebel gw!
    semua sibuk, bikin repot. kenapa sih ga nerima dg lapang dada, buka mata buka telingan dan buka hati. liat dari 2 sisi *emosi jiwa.red*

  13. LiSan Skywalker · Mei 14, 2008

    Kemarin ke kampus ada tulisan “Siapkan almamatermu!” dalam hati aku “MALESSS”… ^o^

  14. Bagindo · Mei 14, 2008

    @marwanazis :mrgreen:
    dan udah jadi rahasia umum juga kalo mereka itu jadi ant… *ups*

    @alex
    iya, lex. ah, padahal kakak2 senior kita dulu bersusah payah bagaimana caranya agar lembaga2 kemahasiswaan bebas “sponsor”…

    Tapi, biar sajalah yang turun ke jalan tetap turun. Setidaknya menjadi penyeimbang agar tak ada satu pihak saja yang bersuara lantang betapa pentingnya BBM naik 😀

    setidak2nya bisa jadi tanda kalo mahasiswa belum kehilangan suara.

    @realylife
    yang terlihat memang seperti itu. tapi dunia kan tidak hanya seperti yang terlihat di permukaan. bener ngga?

    @mr. Brain
    demonstration without solution.. slalu begitu
    gak ada artinya. mending duduk diam di rumah, nyeduh kopi sambil baca buku. menambah wawasan.. :mrgreen:

    @clouseth
    dasar narsis! :mrgreen:

    @hanggadamai :mrgreen:
    hehehe..

    @maxbreaker

    kenaikan BBM itu imbasnya juga ke harga kebutuhan pokok lho…

    rumput yang bergoyang juga tau itu. masalahnya kita itu dari dulu terbiasa dimanja. sekarang dikerasin dikit gak mau. maunya enak-enak aja.
    kalo diibaratkan sama naik Merbabu, zaman dulu kita masih di jalur landai. dari basecamp sampai watu tulis. dari watu tulis ke puncak nanjak banget. itu lah sekarang..
    masa kita yang make minyak pemerintah yang menyubsidi?

    @natazya
    saya doain cepet lulus. biar saya ditraktir.. hehe..

    @theloebizz
    kamunya ikutan? saya sih enggak…

    @lisa
    hahaha…

    @liSan
    mau dilaudriin gratis kali tuh jaketnya… :mrgreen:
    barangkali di bawahnya ada lanjutannya :
    “Siapkan almamatermu!
    Kami ada program laundry gratis.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s