Perjalanan

Saya baru saja balik dari Pacitan dalam rangka survey pendahuluan untuk praktikum lapangan Juni nanti. Dari kediaman saya di Jogja, Pacitan dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang lima jam. Rutenya menarik; anda akan disuguhi pemandangan bukit-bukit batugamping dan pedesaan yang sepi. Pacitan sendiri merupakan sebuah kabupaten yang topografinya lengkap. Mulai dari pegunungan sampai pantai ada.

Di sepanjang jalan ke sana mata saya jarang sekali bisa terbebas dari umbul-umbul, spanduk, bendera, dan poster yang ditempel oleh partai politik dan caleg. Pagar rumah orang, kaca depan warung makan, sampai pohon-pohon yang tidak tahu apa-apa ditempeli segala jenis media promosi tersebut. Tentu saja tempelan-tempelan itu hanya berisi lambang atau foto caleg. Tentu saja tidak ada yang menyertakan visi misi. Kalaupun ada itu paling hanya tagline tidak jelas yang entah-diambil-dari-iklan-apa. *Membuang ludah*

Lupakan paragraf di atas. Kita kembali bicara tentang perjalanan saya ke Pacitan. Kami tiba di Pacitan sekitar pukul 14.oo. Setelah leren sebentar langsung saja saya dan kawan-kawan berangkat ke daerah survey. Daerah survey praktikum saya itu tidak terletak di dataran rendah. Letaknya di salahsatu puncak bukit; Nama desanya Desa Kasihan. Nama yang unik. Dari alun-alun Pacitan desa itu dapat ditempuh dalam sekitar 1 jam perjalanan ke Timur. Sekitar 40 km dengan medan yang ‘lumayan’. Kata kawan saya tempatnya itu: “Pacitan. Ngetan sitik menggeh-menggeh (Pacitan. Ke timur sedikit [pake] ngos-ngosan)”.

Sehabis magrib hari itu juga, perjalanan dilanjutkan ke pantai. Yang ditemukan pada malam itu hanya pantai Teleng Ria. Pantai wisata yang lebar. Tempat muda-mudi pacaran di malam hari. Kami menggelar dome.

Besoknya (pagi tadi) perjalanan dilanjukan ke pantai lain. Pantai Serau. Two thumbs up! untuk pantai ini. Pasir putih, air biru jernih. Ada pantai tersembunyinya pula.

image062

Sore sekitar jam empat tadi saya baru sampai di Jogja. Lama tiduran di joglo hutan Wanagama.

9 pemikiran pada “Perjalanan

  1. Asik ya bisa backpackeran…..

    Mas kediamannya di Jogja mana?
    Rencananya saya sama temen2 besok mau jalan2 ke Jogja,
    mungkin ada referensi tempat jalan yg masih ‘alami’kah?

    tQ…

  2. @petirr
    saya ngekos di daerah samping kampus ugm.

    o ya?
    kalo mau naik gunung ada merapi, kalo cuma pengen lihat-lihat merapi ada kaliurang, ketep pass, ada pantai-pantai yang bagus di daerah gunungkidul..

  3. Begitu lama gw kehilangan sosok lo Shige.. rupanya lo masih inget gw.. ahahahahhaha.. orang2 lama yang masih ada di MP dan aktif bolak-balik kemudian narok komen adalah Regsa – regsa.wordpress.com

    kembali ke topik..
    pantai nya keren tuh.. *sambil dengering Jammin’*

  4. @Gimbal😀
    wahaha.. si Moerz masih inget lo? blognya udah didelete keknya..
    banyak juga blogger yang dulu terkenal skrg udah jarang posting..
    blogosphere memang berwarna..

    pantainya 4 thumbs up!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s