Jelajah Pantai Jogja

D.I. Yogyakarta yang termasyur dengan candi-candi dan budayanya ternyata juga memiliki banyak pantai yang indah. Yang familiar di telinga kita mungkin hanya Pantai Parangtritis (dengan legenda Ratu Pantai Selatannya) atau Parangkusumo. Ternyata selain dua pantai di atas masih banyak lagi pantai yang jauh lebih indah sepanjang pantai selatan yogyakarta. Inilah beberapa di antara banyak pantai indah tersebut.

Pantai Sundak

Pantai Sundak terletak di daerah Gunung Kidul. Bagian selatan Propinsi DIY. Pantai ini merupakan pantai pertama yang aku kunjungi di Yogyakarta. Sekitar 2 tahun lalu. Sundak terletak di sebuah teluk kecil yang tenang. Pasirnya bersih dan air lautnya jernih. Sudah pernah melihat rumput laut secara langsung? Pergi saja ke sini karena di sepanjang garis pantai kau akan dengan mudah menemukan ‘kebun’ rumput laut.

Dari kota Jogja, dengan sepeda motor, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pantai ini adalah sekitar satu setengah jam. Lewat Kota Wonosari. Ikuti saja papan penunjuk jalan yang mengarah ke Baron. Kemudian setelah melewati lampu merah terakhir ke arah Baron kau akan menemukan pertigaan yang agak besar. Jika memilih lurus kau akan melewati pos retribusi besar. Namun jika belok kiri hanya akan melewati pos retribusi kecil yang tutup sekitar jam 5 sore. Aku sendiri lebih memilih untuk belok kiri. Karena selain bisa masuk gratis, pemandangannya juga lebih bagus daripada jalan lurus tadi.

Jangan bayangkan jalan ke sana datar-datar saja seperti pantai utara jawa. Untuk ke Sundak kita harus naik-turun bukit terlebih dahulu. Di kanan dan kiri jalan akan banyak dijumpai bukit batugamping. Pemandangan khas bentang alam karst. Siap-siap” sport jantung” karena ada beberapa tanjakan dan turunan yang curam.

Normalnya, untuk masuk ke pantai sundak pengunjung harus membayar karcis masuk. Namun jika kau berangkat agak lebih sore, sekitar jam 5 atau jam 6, portal penarikan karcis sudah tutup. Lumayan, hemat sekitar Rp. 5000 per motor.

pantai

Pantai Siung

Pantai Siung terletak di sebelah timur Pantai Sundak. Pasirnya lebih putih daripada Sundak dan teluknya lebih melengkung.

Di kalangan pemanjat (climber) pantai ini terkenal karena memiliki banyak tebing yang bisa dipanjat. Menurut salah seorang kawanku yang pemanjat, Siung pernah menjadi tuan rumah lomba panjat tebing tingkat internasional.

Jika berkunjung ke sini jangan lupa untuk mencicipi sambel khas siung yang pedasnya nampol.

Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo terletak lebih ke timur lagi. Perjalanan ke sana pun lebih lama lagi, sekitar 2,5 – 3 jam. Dibandingkan dengan kedua pantai di atas Wedi Ombo adalah yang paling jarang dikunjungi. Hanya ada beberapa warung (2 atau 3) di pantai ini.

Wedi Ombo berarti pasir yang lebar. Pantai ini memang lebar dan penuh batu karang. Pasirnya bahkan lebih putih daripada siung.

Penasaran? Segera kemasi tasmu, langsung jelajahi pantai-pantai ini.

 

 

 

 

 

 

18 pemikiran pada “Jelajah Pantai Jogja

  1. Wediombo ngak cuma pasir putih, tapi itu semacam kerang2 halus/kecil, jadinya kadang kaki sakit kalo jalan.😛

    *ini gunawanrudy.com males logout dari akun wp.com*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s