Backpacking Ke Bali (2)

Pelabuhan Ketapang

Kami memanggul ransel keluar dari Stasiun Banyuwangi Baru. Tidak ada perempuan berkutang tempurung kelapa yang menyambut dengan kalungan bunga, yang ada hanya sekumpulan tukang becak berparas kasar yang menunggu penumpang.

Banyuwangi lumayan dingin. Gabungan dari hembusan angin khas daerah pantai dan hawa dingin yang bertiup dari perbukitan. Aku sudah memakai sweater sejak kereta melewati terowongan panjang yang menembus bukit tadi.

Karcis untuk menyeberang langsung dibeli di gerbang pelabuhan. Enam ribu per orang. Begitu kami masuk melewati pos pembelian karcis, seorang agen bis jurusan denpasar langsung menghampiri, “mau ke Denpasar, mas? 35.000 rupiah…”

Karena sudah tengah malam dan ingin tiba lebih cepat di denpasar, kami langsung menerima tawaran agen bis tersebut. Meskipun begitu aku masih sempat bertanya, “gak bisa lebih murah lagi, mas? biasanya 30ribu saja sudah mahal.”

“Wah, ini sudah murah ini, mas. Biasanya ongkosnya 40 ribuan.”

Di dalam bis kami bertemu lagi dengan ibu-ibu yang tadi duduk sebangku di kereta. Ternyata beliau membayar 40 ribu. Masih lebih murah kami lima ribu.

Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk

Harus kuakui bahwa lebih enak menyeberangi  Selat Sunda daripada Selat Bali. Jika Selat Sunda yang lautnya tenang diseberangi dengan ferry yang lumayan besar, Selat Bali yang lebih “bergelora” diseberangi dengan ferry yang lebih kecil daripada di Selat Sunda. Untuk sholat saja susah, oleng kanan oleng kiri.

Penyeberangan kami pada waktu itu memakan waktu sekitar 1 jam. Tapi menurut orang-orang yang kami ajak mengobrol, biasanya paling hanya 45 menit. Kebetulan mungkin hari itu gelombangnya sedang tinggi.

Seingatku malam itu terang bulan. Dari kejauhan pesisir pulau Bali tampak berkelap kelip. Dan laut diterangi cahaya purnama.

Bersambung… 😀

4 pemikiran pada “Backpacking Ke Bali (2)

  1. Sip. Bali memang eksotik. apalagi menjadi backpacker. jalan-jalan di jalur tak biasa. jadi pengin ke bali (lagi)…

    salam blogger,
    masmpep.wordpress.com

    1. @masmpep
      salam blogger juga, mas.. trims dah berkunjung..

      @callighan
      ntar deh saya post soal biaya backpacking saya ke bali.. ikutin aja blog ini, ok..😀
      thx dah mampir

      @bocahbancar
      salam hangat juga.. thx dah mampir..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s