Film: Man from Earth

Bagaimana jika tiba-tiba seorang teman anda mengaku bahwa dia adalah seorang manusia berusia 14.000 tahun? Yang berevolusi sepanjang zaman dan bertahan ketika seleksi alam melenyapkan beberapa spesies dari permukaan bumi? Bagaimana jika dia juga mengaku sebagai Nabi Isa (Jesus)?

Apa anda akan percaya? Ataukah akan menyangka dia sinting? Dan bagaimana jika ternyata semua itu benar?

Pentingnya melihat sejarah dari berbagai sisi

Film ini mengingatkan saya untuk selalu melihat sejarah dari berbagai sisi. Dari berbagai sumber dan referensi.

Berbeda sejarawan, beda pula penjelasannya. Salahsatu belum tentu benar, lainnya juga belum tentu salah.

Jika Imam Mahdi nanti datang…

Salahsatu scene yang saya suka di film ini adalah ketika John Oldman, manusia 14.000 tahu itu, mengaku sebagai Nabi Isa (Jesus). Tidak ada yang percaya. Semuanya malah makin menyangka dia gila.

Saya jadi berpikir. Bagaimana nanti jika Imam Mahdi datang. Kemudian dia mengaku kepada dunia bahwa dialah Imam Mahdi. Apa orang-orang akan langsung percaya? Atau sebaliknya menuduh dia gila?:mrgreen:

Film ini dan cerpen-cerpen Hemingway

Film ini mengingatkan saya pada cerpen-cerpen Hemingway. Dialognya sangat kuat dan mampu menjelaskan unsur-unsur intrinsik ceritanya.

Yang mengagumkan dari film ini adalah latarnya yang sepanjang film di situ-situ saja. Ruang tamu si John Oldman. Ini sepertinya jadi salahsatu film favorit saya.🙂

26 pemikiran pada “Film: Man from Earth

  1. wow … ini film yang visioner banget, mas moris, menggabungkan 3 dimensi sekaligus, historis, science, dan religi. *doh kok jadi sok tahu saya, hiks* setidaknya, berbagai kemungkinan itu bisa saja terjadi, sehingga bisa menjadi “warning” buat kita kalau imam mahdi yang sering2 disebut bakal muncul menjelang akhir zaman itu bener2 ada. sayangnya, saya belum nonton filmnya, mas, hehe …

  2. film nya menarik sekali nih…

    emang benar sih… banyak yang mengaku ngaku menjadi penolong akhir zaman.. sebut saja Lia eden… dan lain lain…

    waspadalah terhadap kemungkinan kemungkinan yang ada

  3. HHm…..ya pasti lah, pertama kali Imam Mahdi datang,pasti banyak manusia yang menyangkalnya karena kebanyakan mereka tidak tahu(padahal Al Qur’an telah menjelaskan dengan sangat jelasnya)…

    Wah, itu film rilisan baru atau kapan yawh..????

    1. @sawali
      iya, pak. film ini mengingatkan kita bahwa kemungkinan2 itu bisa terjadi.
      waktu adegan si John Oldman ini mengaku sebagai Jesus, salah seorang koleganya (namanya Edith) langsung menyangkal. bener-bener gak percaya.
      seperti gak siap menerima kenyataan bahwa dia sedang duduk di hadapan orang yang disembah2nya.
      tonton aja, pak. bagus kok. beneran.🙂

      @alfaroby
      dia sih sebenernya gak mengaku sebagai penolong. si John Oldman ini malah mengaku sebagai orang biasa. hanya diberi keistimewaan bisa lolos dan terus hidup dari zaman ke zaman.
      dia bahkan menekankan bahwa yang di kitab suci itu hanya dilebih-lebihkan saja..:mrgreen:

      @bocahbancar
      dirilis di amerika sana sih 2007.
      film baru kok ini.

      @jono terbakar🙂
      belum pernah. temen saya yang udah pernah.
      dia motoran dulu sampe ke jepara, trus nyebrang. motornya dititipin.
      bagus. tapi mahal.🙂

  4. Hm…perspektif yang unik untuk melihat sisi lain dari sebuah film..

    Kalo dia berusia 14.000 tahun…logikanya adalah..dia bisa mengetahui seluruh kisah yang terjadi di bumi…
    apakah ingatannya sekuat itu ?
    Bagaimana dia melihat peradaban…apa dia bisa menulis ?
    hm…

  5. @Putri
    Si John ini inget sebagian besar kehidupannya. Waktu masih hidup nomaden dulu. Dia masih inget waktu zaman glasial dulu; tiba-tiba dunia berubah jadi dingin, rombongannya migrasi ke arah matahari terbit.
    ingatannya sama lah seperti ingatan manusia rata-rata.
    katanya dia punya 10 gelar akademis dari berbagai bidang.
    setiap sepuluh tahun dia menghilang. pergi ke tempat lain. sebelum orang-orang menyadari bahwa dia bertambah tua.

    tapi masih banyak kemungkinan sih di film ini. tonton aja. asik..

  6. Film2 yg memanipulasi waktu konon menghancurkan logika.. akan suliat bagi kita menggunakan akal sehatnya.. anyway, ni tantangan sang pembuat film.. selalu menarik ntuk bahas yang diluar logika hahaha…

  7. morishige: doyan nonton, doyan baca, doyan jalan!

    kalau tiba-tiba ada yang mengaku sebagai imam mahdi? kuncinya asal tidak melenceng dari ketentuan alquran dan hadist. selepas itu serahkan saja kepada sang maha pemegang kebenaran.

  8. “latarnya yang sepanjang film di situ-situ saja”
    Oh iya? kok bisa? Jadi kaya sandiwara panggung gtu dong?
    Hahaha.. jadi penasaran..

  9. @danku
    internet download manager. ya, sekitar 1,5 jam lah.
    salam kenal juga.:mrgreen:

    @zons
    er.. “cogito ergo sum”..
    hehe..😆

    @winawinawina
    who knows?🙂

    @puak
    ada lah. komedi2 selipan.

    @marshmallow
    siap atau nggak siap menghadapi kenyataan “dia” sudah datang. menurut saya itu letak masalahnya.🙂
    modalnya memang iman, ya, uni??

    @narpen
    iya. latarnya cuma di ruang tamu si John Oldman.
    paling cuma 2-3 kali ke halaman. itupun bentar doang.
    yang nonton bakalan diajak masuk ke ceritanya si John. si John ini story teller yang bagus.
    ditambah lagi temen2nya juga udah “masuk” dalam ceritanya..

    @reallylife
    makasih, bro.

    @geulist133
    hehe..

  10. Heeem udh kebayang suamiku pasti tidur liat pilem ini seperti waktu liat Angels and Demonds hahahha

    Mesti cari temen yg bisa diajak nonton pilem serius begini nih🙂

    Btw ini pilem serius bukan sih ?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s