Merapi Yang Menawan

Merapi adalah salah satu gunung tujuan favorit saya. Secara administratif Merapi sebagian masuk DIY, sebagian lagi masuk Jawa Tengah. Untuk mendaki merapi ada beberapa Jalur; Selo, Ndeles, dan Kinahrejo. Jalur yang paling umum adalah Jalur Selo. Selo merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Boyolali.

Merapi itu gunung favoritmu?

Ya, Merapi gunung favorit saya. Treknya dari awal langsung menanjak. Dari Selo sampai ke daerah bawah Pasar Bubrah (Selo Kopong atas), bisa dikatakan tidak ada trek-trek bonus seperti di Merbabu.

Ketika tiba di Pasar Bubrah, yang merupakan tempat datar yang dipakai untuk campsite sebelum summitting Puncak Garuda, lutut yang aus karena kehabisan pelumas akan langsung diobati oleh datarnya Pasar Bubrah. Saya menikmati sensasi berletih-letih sepanjang perjalanan dari New Selo ke Pasar Bubrah dan berubah drastis menjadi berleha-leha di Pasar Bubrahnya.

Merapi itu pemandangannya bagus gak?

Daripada hanya berimajinasi, sebaiknya kita lihat fotonya saja. Foto-foto ini diambil tanggal 15 Maret 2009.

merapi 1

merapi 2

Gambar kiri adalah kerucut puncak Merapi difoto dari Pasar Bubrah. Di gambar kiri tampak Gunung Merbabu yang berada di utara-barat laut Merapi. Foto bawah diambil di puncak merapi. Dua orang yang duduk di sisa-sisa Puncak Garuda itu adalah dua orang teman dari Mapadok UGM. Bagaimana? Bagus-baguskah pemandangannya?

 

Puncak Garuda

Merapi dan legendanya dan misterinya

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar Gunung Merapi, gunung ini dijaga oleh sesosok ular raksasa yang disebut Eyang Gunung Merapi (atau ada pula yang menyebut Kyai Sapu Jagat. Jadi dahulu ceritanya Nyi Roro Kidul memberikan sebutir telur sebagai hadiah untuk seorang raja Mataram. Sang Raja tidak memakan telur itu. Namun ada seorang abdi dalem sial yang tidak sengaja memakan telur pemberian Nyi Roro Kidul tadi. Segera setelah memakan telur itu berubahlah dia menjadi sesosok ular raksasa.

Oleh Raja Mataram, diberdayakanlah dia menjadi penjaga Gunung Merapi agar penduduk sekitar gunung terhindar dari efek letusan. Sebagai ungkapan terima kasih, setiap tahun diberikanlah sesembahan. Inilah yang menjadi asal mula Labuhan Merapi. [Disarikan dari “Jejak Sang Petualang”, Harry Wijaya dan Christian Wijaya]

Kakak tingkat saya pun pernah mengalami kejadian mistik di sini. Dulu dia pernah mengambil data GPS untuk memetakan Merapi. Berdua dengan temannya.

Suatu malam ketika mereka bermalam di Pasar Bubrah, teman kakak tingkat saya itu keluar dari tenda karena kebelet pipis. Anehnya ketika kembali ke tenda dia membawa sesisir pisang. Sambil ternganga kakak tingkat saya itu bertanya (yang tidak bisa bahasa jawa, tinggal taruh saja cursor anda ke tulisan), “Tuku pisang ngendi, le?”

“Nang kono ono pasar…” Sambil asik makan pisang, temannya menjawab.

“Dhewe saiki nang Pasar Bubrah to?” Hening.

Mereka langsung mengemasi barang dan turun.

Merapi memang indah. Tapi bagaimana cara ke sana?

Dari Terminal Jombor Jogja, naik bis ke Muntilan. Dari Muntilan naik bis lagi ke Tlatar. Dari Tlatar cari angkot atau pick-up ke arah Selo. Sukur-sukur dapat yang langsung. Atau, motoran saja dari Jogja.:mrgreen:

 

 

58 pemikiran pada “Merapi Yang Menawan

  1. ya Allah… subhanallah… endah banget ya peandangannya…
    pantesan orang yg udah sekali naek ke sana pengn balik lagi…

    ihiks… saya sudah lama pengen ke merapi…

    1. @generasipatahhati
      katanya sih beneran. lagian mana ada kebun di pasar bubrah?:mrgreen:

      @mangkumlod
      semangat! coba aja..
      awas ketagihan..

      @kawanlama
      itu ada terjemahan bahasa indonesianya.. tinggal arahin cursor mouse ke kalimat berbahasa jawanya itu..:mrgreen:

      @yoan
      tunggu apa lagi?
      begitu ada waktu luang, langsung aja ke sana.

  2. Gambarnya baguuuz !
    itu yg dua orang anak UGM itu koq ya nekat manjat gitu, apa gak ngeri jatuh ya?
    Curaaam bgt.

    Saya belum pernah ke merapi, tapi kalo lagi ke jogja gunung merapi bisa terlihat dari restaurant hotel yg ada di lt. 7

    Indah lhoooooooo
    indah bgt😉

  3. @eka situmorang-sir
    semua yang ke puncak garuda keknya pada manjat deh, mbak..:mrgreen:
    sensasinya itu lho, mantap. di belakang mereka itu kan kawah yang ngeluarin asap belerang..

    yoi. dari jogja bagus banget.
    favorit saya itu melihat merapi dari: depan kopma UGM sore-sore, jembatan kalicode, dan dari depan sarjito..

  4. hai mas moris hehhe (waton lehe nyeluk)
    aku orang jogja tapi gak apal jalan mo ke merapi.
    pernah percaya kalo merapi, tugu, kraton dan paris itu satu garis lurus?

    1. @deviw
      hah? kebangetan…:mrgreen:
      kalo di peta kayanya sih iya..
      merapi – tugu – kraton – (tambah satu lagi) panggung krapyak di imogiri – parangtritis… segaris..

  5. ya ampun, ya ampun! nyeremin banget pengalaman mistis kakak kelasmu itu, dri! kalau aku ada di antara mereka, bisa terkencing-kencing aku dibuatnya.

    dan foto di puncak garuda itu! omaigat! keren gila!

  6. Wow! Merapi dan Merbabu adalah tujuan lama saya yang tidak pernah kesampaian hiks…. Terakhir ke Yogya pas melihat merapi rasanya masih bergetar di dada… tapi apa daya… dengkul sudah tak kuat lagi he…he…he…he… Sampaikan saja salamku untuk Merapi dan Merbabu Mas…

    Terimakasih,

    Popop

  7. Sekitar sebulan lalu, aku kaget liat Merapi dari Jalan Kaliurang terlihat gede banget, dan seolah-olah dekat.
    Mungkin efek cahaya atau apa yaa ..?
    Temenku juga bilang gitu.. Kadang terlihat jauh, kadang terlihat dekat dan besar.

    1. @sekrtaji
      di kinahrejo, timurnya tempat wisata lava tour Bebeng.:mrgreen:
      knp? mau ngelmu sama mbah marijan?

      @nadya
      biasa lah. di indonesia rata-rata seperti ini.🙂

      @genial
      haha..😀

      @coretanpinggir
      tenang, bro. ntar tak sampaikan..:mrgreen:

      @muzda
      kalo menurutku sih pengaruh dari sudut pandang.
      kadang merapi memang ketok gede dari jogja, kadang kecil.
      biasanya kalo liat dari pogung keliatannya kecil, tapi dari kopma atau dari depan sarjito, gueedeee..

      @gimbal
      haha.. iya lah.

      @dobelden
      deg-degan sih.:mrgreen:

    1. @diditjogja: hahaha.. untung saya masih muda.:mrgreen:
      @erlangga: oke. saya pajang di blogroll.
      @dedisuparman: wew.. wew.. wew..😆
      @novnov: saya juga punya foto-foto bagus sumbing sindoro. ntar deh kapan-kapan tak post.
      @engkaudanaku: ya. indah banget.

  8. merapi yang menawan
    merapi yg juga favoritku
    dari kejauhan puncaknya sudah melambai-lambai mengajakku datang ke sana
    namun sampai detik ini lambaian itu masih sebatas penerawangan saja
    hiks😦

    kapan naik ke merapi lagi, om.
    klo boleh ikut, tapi pake persneling 1 aja. dengkulnya sudah sering turun mesin…

  9. Merapi memang menawan….ciremai juga menawan, dan aku penghobi ciremai.
    High Quality theme for wordpress, joomla and drupal

    – Fast Loading Theme
    – Optimize CSS
    – Optimize Javascript
    – Optimize Image
    – Custom Layout
    – SEO friendly

    1. @~noe~: belum tau, om. keknya ada temen yang ngajakin juli.:mrgreen: ntar deh tak kabar-kabari.
      @herfia.com: bolehlah kapan-kapan kita ke ciremai bareng?😆
      @kafein: jangankan ke bebeng, keluar jam 1 pagi di Pogung aja udah dingin banget. hehe..
      @kawanlama: salam hangat selalu.
      @mas stein: pake sintaks acronym itu lho mas.. [acronym title=” … “][/acronym]
      @Wina: pengennya sih secepatnya..😀

    1. @alfaroby: wah, sayang sekali saya datang ke jogja 2006. jadi gak bisa menikmati puncak garuda yang “asli”.. he..
      @info kesehatan: di atas cuma deskripsi tentang merapi kok bos.. he..😆

  10. iya ganz…ingat dulu kita berdiri berjajar dari puncak sampe dasar puncak garuda, masih ada fotonya ganz?
    kapan kita daki lagi merapi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s