Book: Travellous

Berkali-kali sudah saya lihat resensi ini di blogosphere. Penasaran, saya cari juga buku ini. Buku ini tidak, atau belum, terpajang di jejeran buku bestseller Togamas. Saya malah menemukan buku ini di pojokan yang kurang perhatian publik.

Image026Travellous adalah sebuah jurnal petualangan seorang pemuda bernama Andrei Budiman, yang diangkat dari blognya travellous.blogspot.com. Menceritakan perjalanannya mewujudkan mimpi untuk menapakkan kaki di tanah Eropa.

Di buku ini dia seakan ingin menyampaikan pesan, yang mirip kata-kata Alexander Supertramp, kepada pembacanya, “if you want something in life, reach out and grab it.

Kisahnya sendiri terlampau seru untuk saya ceritakan ulang. Ada cerita tentang persahabatannya dengan Aling, cerita tentang keramahtamahan keluarganya Coline di St. Etiene, ada juga cerita percintaan yang “sulit” antara Andrei dan Julles.

Segera setelah membalik halaman terakhir buku ini, saya langsung menyatakan bahwa buku ini adalah salahsatu buku tentang perjalanan, bikinan orang Indonesia, yang saya suka.

Tak ada gading yang tak retak. Saya melihat banyak sekali kesalahan pengeditan di buku ini. Yang paling mengganggu saya adalah soal awalan “di” atau akhiran-akhiran: “…Ruangan nya di penuhi tiga ranjang bertingkat.” Hal sepele memang. Mudah-mudahan untuk cetakan ke-2 kesalahan ini bisa diperbaiki.

10 pemikiran pada “Book: Travellous

  1. Hhmm…kisah2 dengan tema meraih impian ini snagat layak untuk dibaca oleh orang2 seperti saya…

    Saya sangat mengimpikan untuk bisa merasakan pendidikan tinggi di Japan, dan insyaallah saya akan memperjuangkannya…

    Salam semangat untuk mu kawan..
    Langsung ke Blog TKP….πŸ™‚

  2. ah, resensinya bagus sekali, dri. obyektif. dan aku suka sekali dengan kritikmu terhadap pengeditan. aku juga menemukan kekeliruan pengeditan dalam beberapa buku bestseller indonesia. sayang sekali buku bagus tidak didukung oleh ketepatan pengejaan dan penulisan.

    hm… boleh deh bukunya aku jadikan daftar buku yang musti dicari. trims, dri!

  3. @dobleh: he..πŸ˜†
    @bocahbancar: benar sekali, kawan..πŸ˜€
    @marshmallow: sama-sama, uni. nanti kalo udah baca, saya tunggu resensinya y..πŸ˜€
    nggak dimoderasi, kok..:mrgreen:

  4. cukup menginspirasi para blogger untuk bisa mengikuti jejaknya. bukan dalam traveling ke luar negeri melainkan pada kreativitasnya memindahkan catatan webnya ke dalam bentuk buku.
    salam…

  5. @omagus: semoga.. tapi udah banyak banget kok yang berkualitas. seperti Pram, Mochtar Lubis, Hamka, Andrea Hirata, Adhitya Mulya, Dee, Ayu Utami, Jenar Maesa Ayu, Fira Basuki, dll
    @noe: ya, memang cukup menginspirasi.

  6. udah baca……
    baru ajah tadi malam…..
    uiiiiii….kelanjutan na ma Julie gmn??
    embun mah maci binun ma ending na….
    akankah si kakak rei sama julie ato ma Ling?

Tinggalkan Balasan

