Langkah (8): Berleha-leha di Segara Anakan

Laguna Segara Anakan Pulau Sempu ini mirip dengan laguna Ko Phi Phi Island yang di Thailand. Itu lho, tempat syuting film The Beach. Dari teluk semut, tempat kapal bermesin tempel menurunkan penumpang, perjalanan ke Segara Anakan akan menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Jangan keliru memilih trek. Salah-salah kau bisa nyasar dan menginap di hutan penuh celeng semalaman. Pilihlah jalan yang paling barat, paling jelas, dan paling lebar.

segara_anakanSegara Anakan

Trek menuju ke sana “lumayan”. Ketika perjalanan pulang, saya berpapasan dengan sebuah keluarga dari Surabaya yang sedang trekking ke Segara Anakan. Ada beberapa orangtua dalam rombongan itu. Mereka tampak tua dan lelah. Dalam hati saya membatin: Untung saya ke Pulau Sempu selagi masih muda. Nggak kebayang deh kalau sudah tua.

Nah, setelah berjalan naik turun bukit kau akan tiba di Segara Anakan. Di pasir putihnya hanya ada beberapa tempat teduh untuk mendirikan camp. Saya dan kawan-kawan beruntung mendapatkan lokasi yang paling enak. Di bawah pohon; pagi adem, siang teduh, sore terlindung, malam syahdu.

Lalu ngapain saja di Segara Anakan? Jika anda menanyakannya kepada saya, serta-merta dari mulut ini akan keluar jawaban “berleha-leha”. Berleha-leha versi saya adalah melakukan kegiatan-kegiatan santai dan menyenangkan.

Duduk Santai di Pasir Putih

Bentangkan matras dan duduklah dengan manis di atasnya, pakai rayband, dan nikmati pemandangan Segara Anakan. Jika melihat sampah di camping ground, abaikan saja dulu. Sampah memang akan bikin ilfil. Tapi angin sepoi-sepoi akan menyejukkan hati anda lagi.pasir_putih1

pasir_putih2

Berenang, Snorkling, dan Bercumbu Dengan Karang Bolong

Bosan duduk-duduk, ambil gogglemu dan berenanglah di danau air asin ini. Saya sendiri sempat kecanduan snorkling “kecil-kecilan” bermodalkan goggle renang. Airnya jernih dan di beberapa tempat yang dangkal lumayan banyak terumbu karang. Di sisi jauh laguna beberapa kali saya sempat melihat orang-orang snorkling dengan gear lengkap.

jernih2

jernih1Segara Anakan dilihat dari atas. Terumbunya lumayan buat snorkling [doc. Udin Malang]

jernih3Jacuzzi Karang Bolong [doc. Udin Malang]

Capek memelototi dasar laut, kau bisa bermain-main di depan Karang Bolong. Karang Bolong ini adalah lubang yang menyuplai air untuk Segara Anakan.

Main Poker, Main Bola Kaki, Main Mata, atau Main Lainnya

Ada baiknya jika anda membawa alat untuk bermain. Bukan permainan seperti sudoku yang saya maksud, melainkan permainan yang melibatkan banyak orang. Misalnya main poker, bola kaki, monopoli, atau frisbee. Bilyard bagaimana? Hm.. Agak susah untuk membawa meja berikut tongkatnya ke Segara Anakan.

main1Kalah, push up

main2Main bola sore-sore

Memanjat Tebing Segara Anakan

Untuk memanjat-manjat tebing, pilihlah waktu yang tepat saat Polisi Hutan (Polhut) tidak sedang patroli. Jika ketahuan anda harus rela dimaki-maki atau bahkan disuruh pulang ke Sendang Biru.

crawling

Sebenarnya istilah crawling lebih tepat karena tebing yang biasa didaki itu bukan tebing vertikal. Dari puncaknya kau bisa melihat ganasnya Samudra Hindia, gugusan Pulau Sempu, dan Segara Anakan.

Memasak dan Memakan Makanan

Aktivitas memasak adalah salahsatu favorit saya ketika camping. Memasak akan menjadi membosankan jika yang dimasak cuma beberapa bongkah tepung-keriting-instan. Tapi jika yang diolah adalah makanan seperti ikan teri, ikan asin, telur, sosis, sarden, nasi, dan kerupuk, acara memasak akan berubah menjadi kegiatan yang seru.

masak1Pizza Mie nan sedaaaap

Mengobrol Sambil Gitaran

Nah, kegiatan ini paling cocok dilakukan pada malam hari. Meskipun oke-oke saja gitaran siang hari. Saya pribadi lebih senang mendengarkan cerita-cerita orang lain, apalagi kawan baru yang berasal dari tempat-tempat yang jauh.

Bagaimana dengan memancing?

Bah! Kau harus terbiasa memancing dulu kalau mau dapat ikan dari laguna ini. Jika benar-benar ngotot ingin bakar-bakar ikan, beli saja di pelelangan ikan di Sendang Biru. Lebih efisien.:mrgreen:

36 pemikiran pada “Langkah (8): Berleha-leha di Segara Anakan

  1. Wuihhh.. airnya masih bersih & jernih yahπŸ˜€
    Sempu akhir2 ini jadi primadona tujuan sesi prewedding .. jadi pengen hunting foto disanaπŸ™‚
    Thx info & tipsnya ..

  2. Masha Alloh mas… indah nian… saya naksir bisa duduk selonjoran di karang bolong, tapi engga sampe bercumbu ya…πŸ™‚ ini travelling khas remaja, ingat saya waktu masih kuliah dulu… btw, boleh mas kapan-kapan kita maen bareng, kita maen capsah… Hehehe…

    OOT : Kalau berkenan kita bertukar link mas, blog ini sudah saya pasang link nya di “nice people”. Makasih sebelumnya…

  3. @jiewa: iya, jie. masih asri.. tapi banyak campers yang gak bertanggungjawab dan ninggalin sampah di sana.😦

    @casrudi: tenang saja, nenek2 dan kakek2 masih ada yang one-day trip ke sana kok, mas.πŸ˜€
    ayo, kapan2.
    tentu, mas. ‘casrudi’ juga saya pasang di blogroll.πŸ˜€
    trims juga.

  4. mbok ya sesekali aku diajak tho.
    tulisan-tulisanmu bikin mupeng aja deh, dri.
    apalagi foto-fotonya. kamu kan tau aku demen banget motret, walaupun kemampuan cuman seuprit.
    kalau udah kelewat mupeng, aku kuatir malah jadi anarkis ntar, dan blog ini jadi nggak selamat.
    *ngancam*

    1. sudahlah shigee.. lain kali ajak zaja si uni sabai ini.. pasti dia paling jago masak sarden baladoπŸ™‚

      tapi memang..
      shige ahli membuat semua orang iri dengan petualangannya!!!πŸ˜€

  5. e jadi ini sebenarnya di mana masbrur? pas situ nyebut sempu, saya pikir gunung sempu… e pas situ nyebut karang bolong, saya pikir di kebumen…:mrgreen:

    e btw cah jogja juga tah?πŸ˜›

  6. @marshmallow: hehe.. kapan2 boleh juga tuh, uni.:mrgreen: mudik lebaran besok saya rencananya pengen turing ke tempat2 bagus di sumatra barat.πŸ˜€
    *menyiapkan tameng* hehe..

    @nakjaDimande: keknya saya perlu privat masak sama uni marsmallow nih, bundo.πŸ˜€ biar campingnya jadi lebih semarak dengan makanan yang lezat.

    @marshmallow:πŸ˜† uni bisa aja… hehe..

    @zulhaq: di Rinjani “Segara Anak”, di pulau sempu ini “Segara Anakan”… maksudnya sih sama aja.. laut kecil.

    @MacFamous: kalau traveling saya paling sering berangkat dari jogja berdua kok bro.. hm… selama masih diberi kesempatan.:mrgreen:

    @Kurotsuchi: di Malang bagian selatan, dab. dari pantai Sendang Biru nyebrangnya. Pulau Sempu ini cagar alam yang dijaga oleh departemen kehutanan.
    ho oh. anda juga? sama dong..πŸ˜€

    @DenMas: hehe.. saya ngerti pulau ini dari temen saya anak Unair. tahun 2007 kalau gak salah. sejak itu saya penasaran terus. browsing dan nanya sana-sini. ternyata bagus. dan niat ke sana kesampainnya baru kemarin.:mrgreen:

    @imoe: boleh, boleh.:mrgreen:

  7. salam kenal…

    wah membaca postinganmu membuat aku iri sobat….kapan yach aku bisa mengunjungi tempat seindah itu…dengan pemandangan yang asri dan juga air yang jernih…rasanya tidak ingin pulang yach bila sudah berada di sana…

    sekali lagi semua ciptaan ALLAH begitu mengagumkan…selamat bersantai-santai sobat…

    cheers ~_^

  8. @omahmiring: berarti tanpa lihat gambar juga, ya? kan ada tampak atasnya..:mrgreen:

    @jiwaqie: yoi, sob. damai sekali!

    @oelil: well, dari Jawa Tengah memang agak jauh bos. soalnya letaknya di selatan Malang, Jatim. di daerah jateng, katanya sih juga ada yang namanya Segara Anakan. Tapi ini beda, bukan pantai tapi laguna..:mrgreen:

    @musziandi: salam kenal juga..:mrgreen:

    @newbiedika fly: yoi, pemandangan yang indah.

    @sawali: ah, pak sawali bisa aja. biasa lah pak, jiwa muda.πŸ˜€

    karang bolong, hmm … jadi inget nasib penyair ragil suwarno pragolapati.

    memangnya nasibnya bagaimana, pak?

    @radesya: hehe.. coba aja.πŸ˜€

    @shekhotz: salam kenal juga.. “gak pengen pulang”? justru karena berada di tempat2 jauh saya jadi lebih sayang sama rumah..:mrgreen: hehe..

    @fadhilatul muharram: di jawa timur.:mrgreen:

  9. Oh.. ini toch yg namanya Segara anakan..? sip2.. next destination kayaknya udah nemu nih.. Tenkyu ya pak.. tapi skedar share.. mungkin lebih oke kalo dishare kalo ke sana nginep di mana selain kemping dan berapa kira2 budget untuk perjalanan ini.πŸ™‚ Thx before!

  10. @eka situmorang-sir: enjoy sempu!

    @gwgw: pokeke nikmat, kang..:mrgreen:

    @titiw: sip! thx ya..πŸ˜€

    @zam: mudah2an ada waktu luang, kang..πŸ˜€
    oh, ya.. kalo mau ke segara anakan, jangan lupa ambil jalan yang paling kanan, yang paling lebar..:mrgreen:

  11. wah apik tenan, kok bisa saya nggak tahu ya, padahal kan cuma “tetangga” belakang rumah. rasanya wajib segera kesana dengan keluarga…siiip trims infonya.

  12. Bila gonore menyerang wanita kadangkadang penderita tidak sadar karena tidak ada gejala khas yg berupa kencing nanah.Gonore pada wanita dapat menjalar sampai ke rahimtabung rahimindung telur dubur dan kadangkadang dapat pula bersarang di kerongkongan.Wanita hamil yang menderita gonore bila melahirkan bayinya bisa buta bila tidak cepat diobati sakit mata bayi itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s