Langkah (14): Pesona Terpendam Danau Singkarak

Pemberhentian pertama saya di Sumatra Barat adalah Kota Solok. Sebuah kota perlintasan kecil yang dikelilingi oleh perbukitan tinggi. Jarang sekali pagi di Solok tidak diselimuti kabut. Di beberapa sudut, sejauh mata memandang, persawahan menghampar luas.

Tanahnya subur. Kesuburan itu bukanlah karunia yang serta merta, Tuhan menganugerahkannya melalui aktivitas gunung-gemunung. Yang paling dekat dengan kota solok adalah Gunung Talang. Agak jauh Gunung Marapi.

singkarak_1Seruas jalan di tepi Danau Singkarak

Sejak dilahirkan sampai kelas 2 SD caturwulan 1, saya tinggal di kota yang dingin ini. Dahulu, minggu pagi setelah Ayah membacakan cerita anak di Koran Haluan Minggu, sekali-sekali saya akan merengek untuk diajak pikinik ke Danau Singkarak. Jika rengekan saya digubris, berangkatlah kami sekeluarga berempat dengan motor ke danau terbesar di Sumatra Barat itu. Saya di depan, adik dipangku Ibu di belakang.

Bagaikan napak tilas, Jumat kemarin saya kembali mengajak Ayah jalan-jalan menyusuri Danau Singkarak. Ya, hitung-hitung ngabuburit lah. Waktu tempuh dari Kota Solok ke Danau Singkarak hanya sekitar setengah jam perjalanan ke arah Bukittinggi. Itu jika menggunakan kendaraan pribadi. Kalau anda menumpang minibis Tanjung Jaya jurusan Bukittinggi, mungkin butuh waktu lebih lama lagi karena ada beberapa pasa yang harus dilewati untuk menuju Singkarak.

page

Danau Singkarak adalah danau kedua terbesar di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatra Utara. Saking luasnya, danau ini secara administratif masuk ke dalam dua wilayah: Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Selain terkenal karena luasnya, Singkarak juga dikenal orang karena keberadaan Ikan Bilih di danau itu. Meskipun kata Om Wiki spesies lain Ikan Bilih ini juga ada di Danau Maninjau dan Sungai Amazon, Ikan Bilih yang di Singkarak hanya bisa hidup di Danau Singkarak. Lain tidak. Tenang, karena ikan ini tidak dikeramatkan, anda bisa dengan tenang mencicipinya. Ibu biasanya menggorengnya kemudian mencampur dengan lado.

Pemandangannya cantik. Jika dulu sewaktu di Taman Kanak-Kanak anda sering menggambar pemandangan begini; beberapa buah gunung berjejer, di depannya ada danau atau laut berisi kapal kecil, dan di sisi kanan atau kiri danau jalan berkelak-kelok, anda akan bisa menemukan pemandangan itu di sini. Pernah saya ke sana pagi-pagi jam delapan, danau masih berkabut.

Singkarak, yang juga adalah salahsatu tempat favorit untuk melewatkan malam pergantian tahun, sebenarnya merupakan sebuah obyek wisata potensial bagi Sumatra Barat. Siswa maupun mahasiswa banyak yang mengagendakan Singkarak ketika darmawisata. Di sini juga ada spot untuk paralayang. Namun seperti nasib banyak obyek wisata lain di Nusantara, Singkarak juga terbentur dua masalah klasik: pengelolaan yang payah dan kurang promosi.

35 pemikiran pada “Langkah (14): Pesona Terpendam Danau Singkarak

    1. Mengunjungi sahabat, bersilaturahmi.
      Mengucapkan selamat merayakan hari BESAR.
      Dengan penuh suka cita.
      Kumpul bersama sanak keluarga.
      Saling bermaafan-maafan dengan ikhlas.
      Agar jiwa menjadi bersih.
      Lepas dari kebencian, dendam, dan keserakahan.
      Selamat Idul Fitri 1430H
      Semoga kita semua berbahagia. Amien.

  1. M3l4t! sem3rb4k h4rum m3wangi
    S3bagai p3nghias di Hari Fitri
    Blog nie h4d!r p3ngg4nt! Dari
    Ulur4n tang4n Silaturahim
    Selamat hari Raya Idhul Fitri 1430 H
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    Salam sayank ^-^

  2. Meminta maaf tidak menjadikan kita hina, sebaliknya memberi maaf akan membuat kita bangga. Saling memaafkan & silaturahmi yang menjadikan kita mulia. Taqabbalallohu minna wamiunkum, taqabbal yaa kariim..

    SELAMAT IDUL FITRI 1430 H, MINAL AIDIN WAL FAIDZIN
    Mohon maaf lahir & batin

  3. @blog informasi: yap.. indah bro. ada tuh sebuah spot tempat melihat danau singkarak dari atas.. “angin berhembus”.. danau singkarak kelihatan semua..

    @zam: haha… air memang, ehm, mantab!!!:mrgreen:

    @nakjaDimande: sebenernya penjelasannya agak-agak rumit, bundo.:mrgreen:
    tapi intinya Ayah dan Ibu saya orang Pariaman.. saya tinggal di Padang.:mrgreen: Neneknya Ibu katanya dari Bukittinggi tapi tinggal di Pariaman. Sekarang yang tinggal di Pariaman nenek, kakaknya Ibu dan anak-anaknya..:mrgreen:

    @riyanti: selamat lebaran juga..:mrgreen:

    @vizon: amin, uda. ranah menunggumu..:mrgreen:

    @eskopidantipi: selamat lebaran juga, bro..:mrgreen:

    @casrudi: mohon maaf lahir dan batin juga..:mrgreen:

  4. MANTAAAAF’s …🙂
    memang sayang anugrah Ilahi berupa alam yang indah tdk bisa didaya gunakan dengan maksimal bagi kemakmuran penghuninya …
    btw … met LEBARAN … MAAF’s lahir n bathin

  5. betul tuh memang payah kalo bicara manajemen pariwisata di negeri ini!
    * loh? kok jadi sewot yak?😆 *

    anyway, kunjungan spesial idul fitri 1430 H ke blog jejaka petualang

    mohon maaf kalau saya jarang berkunjung ke sini
    mohon maaf juga atas komentar tak berkenan,
    dan mohon maaf atas segala kekhilafan ya bro…

    selamat meraih kemenangan😀

    .

  6. Senangnya bisa jalan-jalan…menikmati indahnya karunia TUHAN ini…

    meskipun telat tidak ada salahnya saya mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI!!!

    salam kenal dari sahabat blogger BALI!!

  7. Danau Singkarak, danau yang indah banget.

    Assalamu’alaikum,
    Untuk lisan yang mungkin telah salah berucap, Untuk janji yang belum dan tidak bisa ditepati. Untuk prasangka yang kadang timbul dihati. Untuk komentar yang kurang berkenan, yang ungkin pernah saya berikan, dengan setulus hati, saya mohon di maafkan lahir batin. Saya dan Alamendah’s Blog mengucapkan, Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 H.

  8. Wah kapan bisa maen kesana ya….

    Taqoballahu Minna Wa Minkun.
    Dengan tulus saya mohon maaf seandainya ada tulisan, comment, perkataan yang tidak berkenan di hati ataupun selama ini saya telat replay comment dan blogwalking ke blog ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Dan Batin.

  9. sebelumnya mau ngucapin Met Lebaran Sob..mohon maaf lahir bathin

    hmm..emang enak deh kal udah sampe disini, selalu di suguhi berbagai pengalaman unik serta foto-foto menarik😀

    -salam- ^_^

  10. hahaa… ikan bilih! persis seperti yang sedang aku tulis, dri. mungkin bentar lagi akan aku pos.

    seperti biasa, aku sangat menikmati hasil-hasil jepretanmu. mudik kemarin nggak bisa kemana-mana, bukittinggi padat dan liburan hanya sebentar. tapi aku merasa ikut berjalan-jalan dengan membaca tulisanmu, dri.

    selamat idul fitri, ya. mohon maaf lahir dan batin. taqabalallahu minna wa minkum.

  11. wesss…. fotonya slalu indah merona…
    danau singakarak is beautiful
    pengen berkunjung ke sama
    menikmati suasana hening menyapa
    di tengah segarnya nuansa danau
    tenang n dalaam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s