Sumber Kencono dan The Amazing Race

Ada sebuah adegan yang menarik di The Amazing Race Season 1. Sewaktu para kontestan sedang berada di India. Nancy dan Emily, tim ibu dan anak, mengumpat-umpat ketika si supir taksi India terus menerus membunyikan klakson. Bahkan ketika jalanan sepi dan tidak ada satu kendaraan pun yang lewat atau memapas. “Tangannya nggak pernah lepas dari klakson,” ujar Emily dalam sesi wawancara.

Yang langsung muncul di kepala saya begitu melihat adegan ini adalah, “Wah. Anak ini belum pernah nyobain naik Sumber Kencono, nih.” Masih mending Bung Vijay itu dibandingkan bapak-bapak driver Sumber Kencono (SK).

Beberapa waktu yang lalu saya diberi kesempatan mulia untuk menumpang Sumber Kencono dari Surabaya ke Jogja. Sebenarnya sih ini sebuah keterpaksaan. Kami telat mengejar jadwal kereta Sri Tanjung. Rute awal yang sudah dirancang, Probolinggo – Jogja langsung naik Sri Tanjung, berubah menjadi Probolinggo – Surabaya – Jogja naik bis.

Kami bertiga menaiki SK di Terminal Purabaya (Terminal Bungurasih) Surabaya. Walaupun SK berangkat tiap sebentar, tetap saja bisnya penuh-penuh. Mungkin karena saat itu malam minggu. Saya dan kawan asli Wonosari duduk di samping Pak Supir. Berdesak-desakan dengan penumpang lain. Kawan yang asli Ngawi beruntung mendapat bangku nyaman di belakang.

Saya memang pernah mendengar dari kawan-kawan sassus tentang kenekatan dan skill “istimewa” drivers SK yang konon kabarnya menyaingi supir-supir Medan. Sebelumnya sih saya cuma menganggap kawan-kawan saya itu lebay, terlalu mendramatisasi.

Ternyata memang benar. Di dalam kota saja, bis itu sudah dibawa melaju meliuk-liuk mencari celah agar bisa tiba lebih cepat. Setiap kendaraan yang mencoba memotong diklakson seolah yang berhak untuk lewat di jalan itu cuma bis SK. Tidak lupa Bapak Driver sering membumbui klakson-mengklakson itu dengan umpatan-umpatan khas Suroboyoan seperti “gathel” atau “jancuk”.:mrgreen:

Uniknya karena jeda waktu keberangkatannya yang sempit, kadang-kadang sesama bis Sumber Kencono saling salip dan berebut penumpang. Oleh karena itu untuk menghindari akibat buruk dari salip-menyalip ini, manajemen SK memasang stiker berbunyi “Sesama Sumber Kencono dilarang saling mendahului” di jendela samping atau belakang bis.:mrgreen:

Meskipun reputasinya dalam hal menjaga keselamatan penumpang tidak terlalu gemilang, Sumber Kencono telah mendapat tempat di hati para penumpang. Terutama mereka yang lebih mengutamakan kecepatan. Ini terbukti dari lumayan banyaknya penumpang yang memakai Kartu Langganan (KL). Penumpang yang bisa menunjukkan KL akan mendapat diskon ongkos yang lumayan. Bukti lain, kawan saya yang asli Ngawi itu bahkan berencana akan menulis begini di skripsinya; Terima kasih kepada PO Sumber Kencono yang telah mengantarkan saya kuliah ke Jogja.:mrgreen:

Nah, seandainya kontestan The Amazing Race diberikan detour menumpang SK Surabaya – Jogja, kira-kira apa yang akan mereka katakan di sesi wawancara, ya?

Gambar dicolong dari blog PO. Sumber Kencono

70 pemikiran pada “Sumber Kencono dan The Amazing Race

    1. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!

      Bloghicking malam-malam.
      Mengunjungi para sahabat,
      siapa tahu ada suguhan hangat.
      Maklum datangnya telat.
      jangan didamprat.
      Yang penting semangat!
      Ok, sobat?

      jangan lupa; GO GREEN

  1. sumber kencono aja dah lumayan hebat, belum lagi bis eka — surabaya ke madiun pernah cuma 2 jam kurang dikit dalam keadaan jalan lumayan sepi. sableng supirnya

  2. @alamendah: sumonggo, kang.:mrgreen:

    @pinkparis: hehe.. kemarin itu saya malah susah nahan ketawa. soalnya saya lihat adegan di depan kemudi itu seperti adegan komedi sih.:mrgreen:

    @hedi: hahaha.. sableng kata yang tepat, masbrur.:mrgreen:
    gile.. sby-madiun putus 2 jam? bener2 guendeng…

  3. aku pernah sekali naik SK dr bungur-jogja. keren emang larinya. istilahnya anak2 komunitas BMC itu ngeblong. tp kuperhatiin, SK ini cukup ‘sopan’ pas udah masuk jawa tengah. di jatim, dia emang raja jalanan.

  4. waah… gw udha bisa nebak kayak apa bis model sumber kencono
    pokoke yg namanya sumber-sumbeerr.. gitu
    jangan diharapin enak larinya…
    waazz wuuuzzzz…..
    kayak mo balapan ama kereta hahaaa

  5. Allow shigeee.., hihi biasanya 4 peserta lain baru bundo kabari pagi-pagi jam segini, eh ternyata shige ud duluan nangkring dini hari di Ladang Ilalang..

    nanti klo ada waktu, dijawab lagi komentar pengunjungnya ya shige, ujiannya sudah selesai kan? semoga hasilnya bagus:) **kirimkan alamat lengkap shige ke nakja.dimande@gmail.com yaa

    oya shige bisa usulin Sumber Kencono bikin rute yogya-padang, siapa tahu 2 jam putus! :mr green:

  6. salam pagiii sob…
    uweeenaknya si sahabat iniii..on the road always..ahahay
    bis ini supirnya mantan pembalap kalee..
    gue siih merinding kebutkebutan..wazz wuuz:)
    __gheee tukeran link sama brii boleh?__
    ___linknya ghee udh ada ddaftar sahabat blogers..trims__

  7. @arya: oh ya? kemarin tuh aku dari ngawi aku keturon. bagun2 udah jalan solo.:mrgreen:

    berarti supir SK bisa kebawa atmosfir “kesopanan” Jawa Tengah ya?:mrgreen:

    @elmoudy: bener, bro. kemarin tuh bis saya sampe balap2an sama KA Turangga.:mrgreen:

    bikin sport jantung deh pokoknya.:mrgreen:

    @fadhilatul muharram: kenapa the amazing racenya? hehe…:mrgreen:

    @nakjaDimande: internet baru hidup lagi semalam jam 10, bundo. jadi saya puas2in BW. eh, tau2 di Google Reader ada new post dari Ladang Ilalang. main deh saya ke sana. ternyata judul saya masuk.:mrgreen: horee!!!

    oke, bundo. alamatnya segera saya kirim.:mrgreen:

    hehe.. jangan deh, bundo. mending naik lorena aja. SK jangan sampe ke Padang. demi kemaslahatan umat.:mrgreen:

    @bri: oke, bri. saya pajang di blogroll.:mrgreen:

    @edi psw: waduh, mas. saya belum pernah naik Akas. ada apa yang ke jogja? bukannya cuma di jatim aja?


  8. Weih sebagai pemakai kendaraan pribadi jujur aku jengkel bin gondok sama sopir2 bis yg ugal-ugalan iku. Pengen ngelukop terus ngulek raine. mosok embong koyok duwek’e dhewe, masio elek ngene aku yo mbayar pajak..
    Durung maneh Seneng motong jalan orang, iya kalo kepala bis iku empuk. Lha endase bis iku atos je, mobil kalengku lak dadi godir nek ketabrak..

    Sepurane lho bos, malah curcol nang kene..

  9. @dasir: itu bis, bro. :mrgeen:
    bis legendaris dari jawa timur. hehe..

    @kawanlama95: sekalian buat melatih jantung. hehehe..:mrgreen:

    @septarius: hahaha.. kadang-kadang aku yo kesel. tapi jogja mampu bikin hati nyaman. kan “jogja berhati nyaman”..:mrgreen:
    *ngasal*

    @berry devanda::mrgreen:

  10. welehhh ada yg nyaingin supir medan??
    sumpeh lu!!!

    terakhir gw naik bus ke danau toba naik INTRA busyet dahhhhh ampun…dan ini masih ada yg ngalahin…ckckckckc…

  11. Kalo jurusan Solo – Purwodadi – Blora namanya PO. Rela ato Gandhos. Kalo jurusan Tawangmangu, namanya PO. Langsung Jaya. Kalo jurusan Solo-Jogja, bisa juga naik PO. Sumber Kencono.
    .
    .
    Kalo dilihat dari segi kecepatan, tampakny ketiga PO bus itu satu perguruan.
    Prestasi ketiga PO bus itu = Pernah ditegur bakal dilarang beroperasi oleh Pak Bupati Sragentina.
    .
    .
    Dan tahukah sodara2 ? Nama tengah bus itu dikalangan mahasiswa UNS adalah “SAMBER NYAWA”. Cool bukan ?:mrgreen:

  12. bis itu malah jadi langganan saya dulu untuk jurusan sby-slo. Saya malah berangkat jam 9 malam, ee nyampe tempat jam 2, kepagian belum ada kendaraan sama sekali untuk mengantarkan saya ke termpat tujuan saya. Kalau par naik biasanya tidur, tapi kas kebetulan melek, jadi serem sendiri😀

  13. Huehehehe, mengikuti The Amazing Race juga ya? Dengar kabar, sekarang sedang shooting The Amazing Race Indonesia. Pesertanya lokal.

    Ngomong-ngomong bisa Sumber Kencono, apa nyaman kalau duduk di dalam bis tapi bisnya ngebut seperti itu? Trus, berapa jam perjalananmu dengan bis itu, bro?

  14. ada plesetan utk bis ini. SUMBER BENCONO!

    hwakakak..

    ah, itu belum seberapa. pakde saya beberapa waktu yg lalu malah naik bis ini. udah gitu, itu supir dipanas-panasin ama penumpang supaya melaju lebih kencang.. keren kan ya?

    Surabaya-Solo bisa dilahap dalam waktu 5 jam! mantab bukan?

  15. wah bis ini jadi sumpah serapah saya kalo dari jogja ke surabaya atau sebaliknya naik motor.. lha udah tau di jalur yang berlawanan ada motor, eh tetep masuk buat nyalip, bunyiin klakson sambil ngedim2 dengan lampu. sering kali dengan sangat terpaksa harus turun dari aspal.. kampretttt… mira juga sama aja sih, nggak beda. nggak menghargai pengguna jalan yang lain😦

    kalo ngebut tapi perduli dengan safety sih nggak masalah, lha ini nggak jarang membahayakan untuk orang lain.

    udah puluhan kali bolak-balik jogja-surabaya tapi baru sekali aja naik bus, sekitar bulan mei tahun lalu. selebihnya mending naik kereta dahh, atau kalo kepepet ya pesawat.. maklum agak sedikit trauma dengan bis yang ugal2an, dulu gara2 bis yang saya naiki ugal2an saya harus dirawat di rumah sakit lebih dari 2 bln. bukan pengalaman yang menyenangkan tentunya..

    oh ya, kalo mau berburu tiket gratis dari AirAsia silahkan mampir kemari http://greatstyo.wordpress.com/2009/11/10/promo-1-juta-kursi-gratis-dari-airasia/

  16. @tukangpoto: hehe.. yang pasti kata2 “Oh my God” atau “Oh shit” gak bakal pernah berhenti keluar dari mulut mereka. :mrgeen:

    @ria: “menyaingi”.. sebelas-dua belas gitu lah.:mrgreen:
    tapi supir medan tetap lebih jago di medan-medan terjal, kok. hehehe..:mrgreen:

    @sunarnosahlan: masih, kang. tabiat keknya. susah diubah. hehehe..

    @areeavicenna: hahaha.. beneran itu? sampe hampir dilarang beroperasi segala? :mrgeen:

    @mandor tempe: iya, bro. mending tidur aja di atas SK. kalo merhatiin cara nyetirnya pak supir, bikin ngeri aja. hehehe..

    @pushandaka: beneran ada Amazing Race Indonesia? wah, bakalan ditonton nih.:mrgreen:

    kalo dibawa tidur malah enak. kan berangin-angin.:mrgreen:
    kemarin itu saya berangkat sekitar jam 5 atau setengah 6 lah bro. nyampe jogja jam 11.30 malam. ngeri kan? hehehe…

    berhentinya cuma sekali di Madiun. 15 menit.:mrgreen:

    @zam: hahahaha.. kocak banget pasti itu adegannya.:mrgreen:
    dengerin sopirnya misah-misuh aja saya udah cekikan, kang.

    wedew. sby-solo 5 jam? buset! kayak petir itu larinya.:mrgreen:

    @billy koesoemadinata: bis SK ini trayeknya jogja ke timur, bro.:mrgreen:
    coba aja sekali-sekali. hehehe..

    @sawali tuhusetya: seru, pak. sport jantung. hehehe..:mrgreen:

    @tri setyo wijanarko: iya tuh. saya juga sering lihat motor-motor pada keluar dari badan jalan gara-gara SK mau nyalip. kasian…:mrgreen:

    btw, tadi udah coba2 masuk ke airasia.com. eror terus. keknya rame yang beli deh.:mrgreen:

  17. @mamah aline: hehe.. cuma kurang sertifikat untuk jadi pembalap aja itu bapak2 supir SK.😀

    @zulhaq: gyahahaha.. julukan yang tepat tuh. oh ya, bro. coba buka google, masukin keyword Sumber Kencono. yang keluar tentang kecelakaan semua tuh.:mrgreen:

    @ekads gendeng: untungnya nggak, bro. bersyukur saya.😀

    @jiewa: hahaha.. bener, bro. bener. fear factor.😀

  18. Wah…takutnya malah ketuker namanya jadi Sumber Bencono, mas… (eh, bencana bahsa Jawa-nya Bencono ya?) *ngawur*

    Saya paling sebel kalo naik bis yang ugal2an…atau berpapasan dengan bis yang kebut2an dijalan raya.

  19. Wew,, ni bis favorit saya. Lebih seru kalo ketemu Restu & Mira, jalanan jadi milik mereka, penumpang pun jadi supporter, ada yg kasih semangat, ada yg histeris, jg ada yg nyebut… Kalo ma EKA bukan kelasnya, kn bis PATAS, gak pake masuk terminal. Wis pokoknya kalo bis jurusan “Jombang Ngulon”, yg misuh2 sopirnya krn misuhi sopir kendaraan laen yg gak mau minggir. Tapi klo bis jurusan “Jombang Ngetan”, yg misuh2 penumpanya krn bis sering berhenti, nge-tem-nya lama, & jalannya lambat..

  20. dulu zaman kuliah di Jogja, saya biasa pulang ke Madiun naik bus SK ini. dulu sih biasa2 saja rasanya. memang ngebut sih tuh si SK. tapi yo wis lah. masih bisa tidur di jalan. nah, baru terasa berbeda ketika setelah bekerja di Jogja dan kalau pulang ke Madiun jadi terbiasa naik kereta (kalau enggak Sri Tanjung, ya Sancaka). sekalinya naik SK, jantung deg2an loh gara2 si sopir SK itu sering ngebut. ketika di Jakarta saya ke mana2 naik metromini yg suka kebut2an di jalan. lalu waktu pulang ke Madiun (dari Jogja), saya naik SK. rasanya? seperti naik metromini selama empat jam! gile! kapok saya naik SK. mending naik kereta aja. kalau naik Sancaka memang lebih mahal, tetapi nggak deg2an.

  21. saya juga sempet nyicip amazing race SK dari solo ke jeogja..emang ajip lah, metromini jakie ajah lewat hahahhaha

    seru !!! sport jantung alaihum gambreng😛

    btw..nice posting gan !!

  22. hahaha… jadi ingat waktu kuliah dulu. aku suka sebel sama supir yang ugal-ugalan. tapi giliran telat, rasanya makasiiiih tak terhingga sama supir yang jago nyalip sehingga waktu tempuh bisa dipotong sampe 30%!

    kalau the amazing race naik SK? wuih! nggak bakal bisa komentar lagi deh mereka, karena para pesertanya keburu tepar di jalan saking ketakutannya! haha!

  23. Uh!NaikSK udah nyalip truk aja kayak kecepatan Pesawat! Tetap Sukses selalu SK ,oH YA!Tambah Jurusan Surabaya -Malang-Madiun-Ponorogo,Biar Rajanya bus Surabaya-malang,Restu Virgo balapan,Jalanan Porong Makin Seru !

  24. wah namanya juga sumber kencono, aku pernah punya pengalaman yang buat ku tak akan aku lupakan seumur hidupku, waktu itu hari sabtu aku dan bolo-bolo dari madiun, ngawi pulang kuliah dari jogja, tau sendiri kalau hari sabtu penumpang pasti banyak, bis kami sudah penuh dan mungik semua bis SK sudah penuh lepas jl jogja – solo kami yang dibelakang supir selalu kasih semangat ke sopir jangan mau kalah ma SK lain nya pa lagi supir bis lain, kalian tau dan bisa membayangkan bagaimana larinya bis yang kami tumpangi, jogja madiun 3 jam kurang bos gila pa mantap

  25. wah kalu nomongin bis SK ngak akan aku melupakan, sekarang aku dah menetap disemarang jadi jarang pulang ke surabaya, dulu kalau aku berangkat atau pulng kesurabaya kalau ngak naik bis SK kayake ada sesuatu yang kurang dalam perjalanan , benar-benar gila bapak supir bis SK, apa emang bis SK ngak di kasih REM, pokoknya kalau penumpang sudah bilang, TANJAP PIR,,,,,, sama ditambah bumbu MASA SI SUPIR SK KALAH MA SUPIR LAINYA, BIS langsung dibawa terbang

  26. wah kalau ngomogin sumber kencono ngak bakalan habis deh, sekarang aku domisili di semarang, dulu sewaktu aku kuliah dijogja aku setiap berangkat dan pulang kemadiun pasti naik bis langganan ku sumber kencono, kalau dah masuk jaln joga-solo, bis sudah ngak main rem lagi, apalagi penumpang yang dibelakang pak sopir selalu kasih semangat agar sampai jangan mau kalah dengan bis-bis jawa timuran lainya, percaya ngak jogja madiun cuma butuh waktu 2 jam, terima kasih buat bapak-bapak supir sumber kencono, berkat jasa kalian akhirnya aku bisa menyelesaikan kuliahku di jogja, dan sekarang aku sudah menjadi PNS di Semarang, berkat jasa kalian Brava SUMBER KENCONO

  27. naik Sumber kencono lagi pak, wah hebat sekarang SK dah lama aku tidak naik sumber kencono, kemaren aku di kasih kesempatan lagi naik Bis langganan ku kuliah dulu, sumber kencono emang hebat dari dulu sampai sekarang para supirnya kualitasnya sama saja, buat teman-teman ku yang seangkatan aku di UGM kapan kita naik Sk lagi kaya jaman kuliah dulu,

  28. Pengalamanku dari Surabaya jam 23:45 sampai Solo jam 03:00 Bener2 fastest lap tuh SK. Tp sayang, aq gak bisa ngrasain adrenalinnya, krn sepanjang perjalanan aq ketiduran.😦

  29. ini memang raja jalanan rute Surabaya – Jogja, Surabaya – Semarang, Surabaya – Wonogiri…
    Kalau mau potongan harga g usah nunjukin KL, cuma bilang “KL mas”..hehehe…
    coz tuh KL jarang diminta n dilihat…
    lumayan potongan 2500, bisa buat naek angkot dari terminal ke rumah.

  30. SK . Mang favorit sya klo sy plg ke nganjuk. Skrg sy tggl di cikampek.sopirnya jago2. Sby .jgya cm 5 jam. ..tp sya msh .terksan .jaman msh ad jaya raya dulu. ..pngalaman saya .SK. Msh klh .di bnding jayaraya .ato tunggl jaya…

  31. Mengenai S-K saya Rasa Supirnya kalo dibandingkan Dengan supir bis lainnya ngga usah jauh jauh nyebrang ke Pulau sumatra.Silahkan Aja Naik Bis Murni Jurusan Jakarta(kalideres – Labuan Banten) Tidak berlaku di rute sebaliknya ya karena rute sebaliknya mampir di daerah Balaraja.
    Masih mending Supir Sk kalo menyalip masih kasih dim dan klakson.kalo supir murni dan Asli prima Jika ada sepeda motor dari arah berlawanan ngga kasih jalan sudah banyak kejadian tanpa di rem dan terus kasih klakson yang besar disenggol tipis.bawa mobil kayak bawa motor aja bisa nyerempet tipis.udah gitu ngga pernah kan ngelihat supir bis sambil nyetirnya ngebut bisa baca doa pakai tasbih kecil gantian menggunakan tangan dan tangan kiri sambil nyetir tanpa terganggu konsentrasinya.Mesin bis murni menggunakan mesin dibagian belakang sedangkan Sk menggunakan mesin mesin Hino model depan dan rancangan wipernya ada diposisi atas.

    1. Mas… bis2 tersebut HANYA jadi raja jalanan di pulau jawa, kalau masuk jalanan di pulau dewata ceritanya lain : jangan pernah macam2 sama pengendara roda dua, akibatnya bisa sangat fatal tanpa peduli se-preman apapun sopir bis bengal tsb!!!

  32. ini recommended banget buat para pencari kecepatan dan penantang nyali, coba aja naik bis sumber kencono yang jurusan surabayya – solo – semarang bakalan terpuaskan nyali sampean karena waktu tempuh surabaya – solo ga lebih dari 4 jam alias 3 jam lebih
    ga percaya coba ajja
    nb : yang jurusan ini berangkat dari surabaya sebelum jam 7 malam

  33. sumber kencono itu sama seperti bus bus yang lain hanya yang membedakan dengan bus lain adalah jalur yang hanya dua arah sementara bus SK badannya lebar menjadikannya sering membanting stir dan rem mendadak, coba jalurnya seperti pantura 4 jalur, bisa lebih aman pastinya

  34. sumber kencono emang hebat, legenda bis surabaya jogjakarta. top nyenengin n bisa dijadikan contoh (skill mengemudi para sopirnya. jgn diliat dr ugal2nya aj. bagaimanapun juga sumber kencono dah mengantar kita dengan cepat sampai tujuan.
    go go sumber kencono!!

  35. okelah bus SK bole berjaya & jadi raja jalanan di pulau jawa, tapi kalau sdh masuk di jalanan PULAU DEWATA, jangan pernah coba2 sok arogan!!!
    krn akan berhadapan dengan skill mengemudi kami yg jauh lebih nekat!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s