Film: Im Juli (2000)

Apakah anda pernah meragukan keberadaan takdir, khususnya dalam hal percintaan? Jika jawabannya “ya, tentu”, sepertinya anda perlu menonton film ini. Judulnya “Im Juli”. Film buatan Jerman karya sutradara Fatih Akin yang jika terjemahkan ke dalam Bahasa Inggris berarti “In July”.

Komedi romantis ini bercerita tentang sepenggal kisah hidup Daniel dan July. Daniel adalah seorang mahasiswa sekolah guru, yang tentu saja setelah lulus akan jadi guru, dan July adalah seorang gadis cantik berambut dreadlock yang diam-diam menaruh perasaan terhadap Daniel dan secara rahasia selalu mengamatinya dari balik meja lapak cincinnya setiap kali Daniel lewat ketika pulang praktek(?) mengajar.

Suatu saat, ketika Daniel dengan kikuk mengumpulkan belanjaannya yang tercecer karena menabrak seseorang, July memanggil Daniel dari lapaknya. Ia menawarkan sebuah cincin peninggalan Maya Kuno berukiran matahari pada Daniel. “Menurut legenda, siapa pun yang memakai cincin itu akan menemukan kebahagiaan,” Kata July. “Kau akan segera menemukan seorang gadis yang mengenakan simbol matahari seperti cincinmu itu. Dialah orang yang ditakdirkan akan membawa kebahagiaan bagimu.”

Tentu saja semua hanya bualan July karena segera setelah Daniel membeli cincin itu July langsung memberikan undangan pesta di malam hari. Yoi, niatnya sih July akan mengenakan baju dengan simbol matahari persis seperti di cincin Daniel.

Sayang sekali takdir berkata lain. Malamnya, sesaat sebelum July tiba, muncul gadis lain yang memakai baju bermotif matahari. Bisa ditebak. Alih-alih indehoy dengan July, Daniel malah jalan-jalan dengan Melek. Cewek keturunan Turki – yang keesokan paginya akan berangkat ke Turki – yang malam itu sedang kebingungan mencari penginapan murah di Hamburg. Masih terpengaruh oleh kalimat ngasal dari July, besoknya Daniel langsung meluncur ke Turki. Menyusul Melek.

Hamburg musim panas bagi Julie sangat membosankan. Karena itu setiap musim panas dia akan berdiri di sebuah perempatan dan menyetop sebuah mobil. Pengemudi mobil pertama yang ditemuinya akan memutuskan ke mana dia akan jalan-jalan musim panas tahun itu. Dan takdir kemudian berkata bahwa tahun ini pengemudi yang berhenti adalah Daniel. Artinya musim panas kali ini July akan pergi ke Istanbul, Turki, bersama Daniel.

Perjalanan mereka berlangsung dengan seru dan penuh konflik. Mulai dari sini saya salut akan kreativitas sutradaranya dalam merangkai adegan demi adegan dan membuatnya berjalan dengan cepat, mulus, dan tidak membosankan. Walaupun tokoh sentralnya cuma berdua, film ini terasa ramai. Dialognya mengalir seperti “Before Sunrise” dan “Before Sunset”. Bedanya latar film ini memanjang dari Jerman sampai ke Turki.

Akan halnya film komedi romantis, akhir cerita “Im Juli” mudah ditebak. Melek tersingkir dari benak Daniel dan akhirnya Daniel dan July yang jadian. Meskipun begitu, ada sesuatu yang lain dari film ini. Sesuatu yang membuatnya berbeda dari “Before Sunrise”, “Before Sunset”, “Eurotrip”, dan film-film lain tentang cinta dan perjalanan; film ini secara jelas menceritakan peran takdir terhadap bersatunya sepasang manusia.[]

29 pemikiran pada “Film: Im Juli (2000)

  1. @alamendah: yap, masbro. karena ini kan komedi romantis tentang perjalanan. sudah pasti seru dan lucu..:mrgreen:

    @nakjadimande: coba download torrentnya aja bundo. karena sudah saya cek di Indowebster nggak ada..😀

  2. jiahh.. sepertinya lebih menarik kalo Daniel akhirnya sama si Melek😛 eh, btw, saya percaya koq, percintaan itu bertautan erat sama yang namanya takdir.😐

  3. @diazhandsome: yoi ngarang. kan si july pengen jalan sama daniel sebenernya.:mrgreen:

    @okkots: hehe.. saya pertama kali ngerti film ini lewat judulnya yang bahasa inggris dari milis traveler apaa gitu. pas disearch ternyata ini film jerman yang aslinya berjudul Im Juli (In July).😀

    @cipu: saya sih donlot via torrent bro. lumayan lah. 2-3 hari kelar.:mrgreen:

    @achoey: yoi bro. makanya tagline blog ini “journeys, books, and films”.:mrgreen:

    @agung pushandaka: wah mas agung ini bisa aja. hehe..
    tonton aja deh masbro. recommended bgt film ini. khususnya bagi yang hobi jalan-jalan.:mrgreen:

    @kika: wow!:mrgreen:

    @gerhanacoklat: wehehe.. iya ya.:mrgreen: mesti nonton berarti.😀

    @dhila: hai.. biasa lah. gini-gini aja.:mrgreen: hehe…

    @annosmile: ntar kalo dah nonton jangan lupa direview ya?:mrgreen:

    @kurotsuchi: wah, kalo daniel jadinya sama melek jadinya ini film tragedy dong.:mrgreen:

    @merry go round: donlot torrentnya aja. bersih kok gambarnya.. DVDRip.😀

    @pusat grosir: yoi..:mrgreen:

  4. wah sepertinya patut untuk ditonton nuy filmm bagus kekna

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih😀

  5. kirain itu tuh kepanjangan dari “i am”, wah, musti belajar bahasa jerman lagi neh, fufufu … hmm, g kebayang y perasaan July waktu daniel lebih milih cewek lain, ughh, sakitttt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s