Nembak Ikan di Karimunjawa

Kalau orang Papua menyebutnya “molo”, orang karimun menyebutnya “nembak”, orang amerika menyebutnya “spearfishing.” Nembak adalah aktivitas mencari ikan dengan cara menembak menggunakan alat yang disebut speargun.

Ketika ke Karimunjawa bulan juli kemarin, saya berkesempatan untuk mencoba nembak. Ternyata nembak tidak segampang yang saya duga.

Dok. Hans Nathaniel

Untuk menembak ikan, seseorang harus punya kemampuan menahan napas dan menyelam dalam air sampai kedalaman sekitar lima meter. Selain itu juga harus memiliki ketenangan yang mampu membuat ikan tidak menyadari kehadirannya. Ketenangan akan sangat berpengaruh kepada timing, pemilihan waktu untuk menembak ikan. Salah gerakan sedikit saja, ikan akan berhamburan ke mana-mana, kembali ke persembunyian masing-masing.

Dok. Hans Nathaniel

Ungkapan “bisa karena terbiasa” cocok untuk nembak. Mas Agus, kerabat Pak Kul yang menemani kami berperahu keliling perairan Karimunjawa, tampaknya sudah terbiasa nembak. Dalam beberapa menit, sudah terkumpul belasan ikan. Ikan besar, kecil, sampai ikan pari hantu kecil dengan totol-totol berwarna biru yang bahkan tidak tampak oleh mata saya ketika menyelam.

Dok. Jacob Ricks

Saya sendiri harus berusaha ekstra keras sebelum mendapatkan ikan. Dalam sepuluh kali tembakan, hanya satu yang berhasil. Itupun ikan yang didapat hanya ikan kecil. “Ikan Betik,” kata Mas Agus menyebut namanya.

Dok. Jacob Ricks

Dok. Wahyu Ari

Ikan-ikan hasil nembak tersebut kemudian dibakar Mas Agus di Pulau Cemara Besar. Enaknya tinggal di laut, ikan tidak perlu beli. Tinggal bersampan sebentar agak ke tengah, turun ke bawah, tembak ikan, bakar, kemudian bisa langsung dimakan.[]

10 pemikiran pada “Nembak Ikan di Karimunjawa

  1. Selain itu juga harus memiliki ketenangan yang mampu membuat ikan tidak menyadari kehadirannya.

    Sudah dipastikan bahwa saya nggak akan bisa nembak ikan, soalnya saya pasti ribut di dalam air. Nggak bisa tahan napas lama-lama pula >.<

    Jadi, berapa ikan yg berhasil kamu tembak?😀

    1. serius. itu kemestian..🙂 sedikit saja ikannya sadar kalo ada manusia, dijamin kabur. bahkan spearfisher jago sampe make goggle yang pake kaca film. hehe..

      ikan yang berhasil saya tembak? err, cuma satu.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s